Iran Kirim Armada Perang Ke Perbatasan Laut Amerika Serikat


Komandan Angkatan Laut senior Iran mengumumkan pada hari Sabtu bahwa negara itu telah mengirim beberapa armada kapal perangnya ke perbatasan maritim Amerika Serikat.

“Armada Angkatan Laut Iran sudah dalam perjalanan menuju Samudra Atlantik melalui perairan dekat Afrika Selatan,” kata Komandan Armada Utara Angkatan Laut Iran Laksamana Afshin Rezayee Haddad, Sabtu, 8 Februari 2014.

Laksamana, yang juga komandan Zona 4 Angkatan Laut Iran, itu mengatakan, “Armada militer Iran mendekati perbatasan maritim Amerika Serikat, dan langkah ini memiliki pesan.”

Pada bulan September 2012, Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari menegaskan rencananya untuk berlayar di lepas pantai AS guna melawan kehadiran AS di perairannya, di Teluk Persia.

Sayyari sebelumnya telah memberi informasi tentang rencana Teheran mengirim pasukan angkatan lautnya ke Atlantik untuk ditempatkan di sepanjang perbatasan laut AS. Lalu, pada September 2012, dia mengatakan bahwa ini akan terjadi “dalam beberapa tahun mendatang”.

Pengiriman kapal perang ini merupakan bagian dari respons Iran atas meningkatnya kehadiran Angkatan Laut AS di Teluk Persia. Armada kelima Angkatan Laut AS berpangkalan di Bahrain–di seberang Teluk Persia dari Iran, dan Amerika Serikat telah melakukan dua latihan perang maritim besar dalam dua tahun terakhir.

Leave a comment