Pemerkosaan Terhadap Wisatawan Asing Kian Marak Di India


Lagi-lagi pemerkosaan di India! Seorang wanita Denmark diperkosa bergiliran oleh beberapa pria di New Delhi. Dia diperkosa sekelompok pria saat sedang kesasar dan menanyakan arah jalan menuju hotelnya. Wanita berumur 51 tahun itu diperkosa di bawah todongan pisau pada Selasa, 14 Januari malam. Pelakunya, sekelompok pria yang berjumlah lebih dari enam orang. Saat kejadian, wanita Denmark itu kesasar saat akan kembali ke hotelnya di sebuah kawasan yang populer bagi para turis backpacker di New Delhi.

“Dia kesasar ketika insiden ini terjadi. Saat ini, tim polisi terkait telah mengidentifikasi para tersangka dan tengah menginterogasi mereka. Investigasi masih berlangsung,” kata kepala kepolisian New Delhi, Rajan Bhagat kepada kantor berita AFP, Rabu (15/1/2014). Wanita yang tidak disebutkan namanya itu, membeberkan pemerkosaan itu kepada temannya ketika dia akhirnya bisa mencapai hotelnya di Paharganj, dekat Connaught Place.

Korban awalnya mendekati sekelompok pria di dekat Stasiun Kereta New Delhi untuk menanyakan arah jalan menuju hotelnya, usai berkunjung ke museum kota. Namun para pria itu membawanya ke tempat sepi dan memperkosanya dengan menodongkan pisau. Menurut surat kabar The Times of India, wanita itu baru berada di India sekitar sepekan. Kasus ini terjadi hanya beberapa pekan setelah seorang wanita Polandia diperkosa sopir taksi saat bepergian bersama putrinya yang berumur 2 tahun ke New Delhi.

Pemerkosaan dilaporkan kembali terjadi di India. Seorang gadis berusia 18 tahun asal Jerman diperkosa oleh seorang pria dalam sebuah kereta yang tengah melaju. Seperti dilaporkan Hindustan Times dan dilansir nydailynews.com, Jumat (17/1/2014), gadis Jerman ini tengah berkunjung ke India dalam rangka menjadi sukarelawan untuk sebuah organisasi non-pemerintah. Pemerkosaan tersebut terjadi di dalam kereta yang melaju ke Chennai pada 10 Januari lalu.

Korban dan pelaku kebetulan berbagi satu bilik kereta. Keduanya menaiki kereta jenis sleeper yang setiap biliknya terdiri atas dua tempat tidur tingkat. Menurut korban, pelaku menunggu hingga dirinya tertidur pulas sebelum melakukan aksinya. Korban mengaku sangat ketakutan sehingga tidak mampu berteriak minta tolong. Baru pada tanggal 13 Januari lalu korban melaporkan tindak pemerkosaan ini kepada polisi.

“Wanita muda tersebut membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengumpulkan keberaniannya sebelum melapor ke polisi. Meskipun tergolong telat untuk melakukan pemeriksaan medis, kami menangani kasus ini dengan perlakuan sensitif,” jelas Inspektur Jenderal Kepolisian setempat, Seema Agarwal kepada NDTV. Polisi langsung memburu pelaku setelah memeriksa daftar nama penumpang. Pelaku pemerkosaan yang diketahui bernama Chandan Kumar (22) akhirnya berhasil ditangkap oleh kepolisian Tamil Nadu.

Kasus pemerkosaan ini semakin menambah panjang daftar tindak pemerkosaan yang marak terjadi di India. Baru saja awal pekan ini, seorang wanita asal Denmark dipukul dan diperkosa oleh sekelompok pria di New Delhi. Wanita berusia 51 tahun yang merupakan wisatawan tersebut tersesat dan meminta tolong sekelompok pria untuk memberitahu jalan pulang ke hotelnya. Namun dia malah dibawa ke tempat terpencil dan diperkosa.

Kepolisian India terus melakukan operasi penggerebekan di New Delhi untuk menangkap para tersangka pemerkosa seorang turis Denmark. Saat ini enam orang masih terus diburu setelah polisi berhasil menangkap dua tersangka. Kepolisian mengumumkan penangkapan dua gelandangan tersebut pada Rabu, 15 Januari malam waktu setempat. Keduanya diduga ikut serta dalam pemerkosaan dan perampokan wanita Denmark berumur 51 tahun itu.

“Kami telah menangkap dua dari delapan tersangka dalam kasus ini dan masih terus melakukan penggerebekan di berbagai lokasi berbeda untuk menangkap yang lainnya,” kata Wakil Kepala Kepolisian New Delhi Alok Kumar seperti dikutip kantor berita AFP, Kamis (16/1/2014). Dikatakannya, kedelapan tersangka pemerkosa tersebut merupakan “pria-pria muda, kebanyakan gelandangan”. Mereka telah menyerang korban selama hampir tiga jam di bawah todongan pisau.

Sebelumnya, lebih dari 15 pria gelandangan telah ditangkap untuk diinterogasi pada Rabu (15/1) kemarin. “Penangkapan dua orang itu telah membuka identitas tersangka lainnya dan kami sedang mencari mereka,” tutur Kumar. Turis Denmark yang tidak disebutkan namanya itu, diperkosa di bawah todongan pisau pada Selasa, 14 Januari malam. Pelakunya, sekelompok pria yang berjumlah lebih dari enam orang. Saat kejadian, wanita Denmark itu tersesat saat akan kembali ke hotelnya di sebuah kawasan yang populer bagi para turis backpacker di New Delhi.

Korban awalnya mendekati sekelompok pria di dekat Stasiun Kereta New Delhi untuk menanyakan arah jalan menuju hotelnya, usai berkunjung ke museum kota. Namun para pria itu membawanya ke tempat sepi dan memperkosanya. Kini, korban dalam perjalanan kembali ke negara asalnya. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Denmark menyatakan pihaknya akan memberi bantuan dan perawatan intens bagi korban setibanya di Denmark. Mereka menolak berkomentar lebih lanjut soal kasus tersebut.

Kepolisian India berhasil menangkap dua pelaku pemerkosaan turis wanita Denmark yang tersesat di New Delhi. Kedua pelaku tersebut merupakan pria gelandangan yang biasa tidur di stasiun setempat. “Dua orang telah ditangkap dalam kaitan dengan kasus pemerkosaan warga negara Denmark,” demikian pernyataan kepolisian setempat, seperti dilansir AFP, Kamis (16/1/2014). Satu dari dua pelaku yang ditangkap tersebut diketahui merupakan warga pendatang dari Uttar Pradesh. Pria berusia 25 tahun tersebut merupakan gelandangan dan biasa tidur di area stasiun New Delhi. Kedua pelaku kedapatan membawa barang-barang milik korban, termasuk sebuah iPod dan sebuah tempat kaca mata.

Seorang polisi yang menangani kasus ini menyatakan, pihaknya masih memburu 4-6 pelaku lainnya. Diduga kuat, pelaku lainnya juga merupakan gelandangan. Korban yang berusia 51 tahun diperkosa di bawah todongan pisau pada Selasa, 14 Januari malam. Pelakunya, sekelompok pria yang berjumlah lebih dari enam orang. Saat kejadian, wanita Denmark itu tersesat saat akan kembali ke hotelnya di sebuah kawasan yang populer bagi para turis backpacker di New Delhi.

Korban awalnya mendekati sekelompok pria di dekat Stasiun Kereta New Delhi untuk menanyakan arah jalan menuju hotelnya, usai berkunjung ke museum kota. Namun para pria itu membawanya ke tempat sepi dan memperkosanya dengan menodongkan pisau. Wanita yang tidak disebutkan namanya itu, membeberkan pemerkosaan itu kepada temannya ketika dia akhirnya bisa mencapai hotelnya di Paharganj, dekat Connaught Place. Saat melaporkan kasus ini ke polisi setempat, korban didampingi oleh Duta Besar Denmark untuk India.

Kini, korban dalam perjalanan kembali ke negara asalnya. Secara terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri Denmark menyatakan pihaknya akan memberi bantuan dan perawatan intens bagi korban setibanya di Denmark. Mereka menolak berkomentar lebih lanjut soal kasus tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s