Batubara, Malaysia dan Myanmar


Masa Depan Tambang Batu Bara Diragukan

Perdana Menteri Selandia Baru John Key menyampaikan keraguannya atas masa depan industri tambang batu bara di negerinya pascaledakan yang memicu kebakaran batu bara dan menewaskan 29 petambangnya. Key mendesak proses penyelidikan secara menyeluruh atas insiden itu. ”Pada akhirnya masa depan lokasi tambang Pike River dan tentunya sejumlah tambang batu bara bawah tanah di Selandia Baru bergantung pada hasil penyelidikan itu. Kita tentu tidak mungkin menempatkan orang di tambang-tambang yang membahayakan jiwa mereka,” ujar Key. Selandia Baru memiliki lima lokasi tambang batu bara bawah tanah. Sedikitnya 450 orang terkait langsung dengan industri tersebut.

Ribuan Warga Myanmar Mengungsi ke Thailand

Sedikitnya 1.000 penduduk desa Myanmar mengungsi ke kota Mae Sot di kawasan perbatasan Thailand menyusul bentrok yang terjadi antara militer Myanmar dan kelompok pemberontak etnis Karen, milisi Democratic Karen Buddhist Army (DKBA). Sebelumnya 200 penduduk Myanmar melakukan hal serupa.

Anwar Ibrahim Semangati Pendukungnya

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim mendesak partai politiknya segera bersiap berjuang memenangi pemilihan umum menyusul perseteruan yang terjadi di dalam tubuh Partai Keadilan Rakyat yang didirikan dan dipimpinnya. ”Setiap orang punya peran dalam permainan ini. Sekarang ibarat putaran terakhir, jarak 100 meter terakhir lomba lari. Mari bersatu dan bangkit,” ujar Anwar di depan 2.000 pendukungnya

 

Leave a comment