Korea Selatan Tidak Mau Berunding


China hari Minggu (28/11) menyerukan segera digelarnya kembali pembicaraan perlucutan nuklir Korea Utara oleh enam pihak (Six Party Talks) Desember mendatang, sekaligus pihaknya menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah.

Langkah itu dilakukan Beijing demi menurunkan ketegangan yang terus terjadi antarkedua Korea dalam sepekan terakhir, menyusul serangan Korea Utara Selasa lalu ke sebuah pulau berpenduduk, Pulau Yeonpyeong. Dua penduduk sipil dan dua marinir Korsel dilaporkan tewas.

”Setelah mempelajarinya dengan sangat hati-hati, kami usulkan digelarnya konsultasi darurat di antara keenam negara anggota Pembicaraan Enam Pihak awal Desember di Beijing, terutama untuk bertukar pandangan terkait perkembangan situasi yang saat ini sama-sama dialami,” ujar perwakilan China dalam forum pembicaraan itu.

Namun, sayang, tawaran China tadi langsung ditolak Korsel, yang menilai sekarang bukan saat yang tepat untuk memulai kembali pembicaraan, yang sempat terhenti dua tahun lalu ketika secara mendadak Korut hengkang dari pertemuan sebelum ada kesepakatan apa pun.

Menurut juru bicara Gedung Biru, Hong Sang Pyo, tawaran tersebut muncul dalam pertemuan antara Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak dan anggota Dewan Negara China, Dai Bingguo.

Tidak hanya itu, Presiden Myung-bak bahkan mendesak China, satu-satunya sekutu utama Korut yang kerap enggan mengkritik negara itu, untuk bisa lebih membantu. Meski begitu, dalam pertemuan tersebut China sepakat dengan Korsel dalam menyebut situasi di kawasan itu ”sangat mengkhawatirkan”.

Menyikapi serangan ke Yeonpyeong, Korsel dan AS langsung mengarahkan kekuatan militernya dalam bentuk latihan perang besar-besaran di perairan barat Semenanjung Korea.

Hal itu sangat tidak disukai Pyongyang, yang menganggap latihan perang tersebut sebagai bentuk intimidasi. Mereka juga mengancam akan melancarkan serangan ”tak berbelas kasih” ke Korsel jika sampai latihan perang itu jadi digelar.

Sementara itu, Jepang sebagai bagian dari forum Pembicaraan Enam Pihak tadi mengaku ingin menyikapi hati-hati tawaran Beijing dengan terlebih dahulu mengonsultasikannya dengan Korsel dan AS, yang juga bagian dari forum tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Kabinet Jepang Tetsuro Fukuyama di Tokyo. Selain Korsel, Korut, Jepang, China, dan AS, Rusia juga terlibat dalam forum enam pihak itu.

Dalam kesempatan terpisah, pejabat tinggi Korut, Choe Thae Bok, dilaporkan akan melakukan kunjungan resmi ke Beijing pada pekan ini menyusul ketegangan yang terus terjadi antara negaranya dan Korsel. Kunjungan itu disebut-sebut atas undangan mitranya di China, Wu Bangguo.

Thae Bok adalah Ketua Majelis Tertinggi Korea Utara, sekaligus orang kepercayaan pemimpin negeri itu, Kim Jong Il. Kunjungan itu akan berakhir 4 Desember mendatang.

China selama ini memang kerap kali berada dalam posisi di bawah tekanan, terutama untuk menggunakan pengaruhnya terhadap Pyongyang dalam berbagai krisis yang terjadi akibat kelakuan Korut. Meski begitu, Beijing selalu bersikap enggan ikut campur dan sekadar meminta semua pihak menahan diri.

Hingga saat ini, Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi juga telah menggelar sejumlah pertemuan dengan rekan-rekannya sesama menteri luar negeri sejumlah negara, seperti AS, Rusia, Jepang, dan Korsel. Dia juga menemui Penasihat Negara Dai Bingguo, seorang pembuat kebijakan senior yang saat ini berada di Seoul.

 

2 responses to “Korea Selatan Tidak Mau Berunding

  1. Pingback: Lowongan Cpns Terbaru

  2. Zaenal Arief Firdaus

    HARUS DAMAI… Sebab perselisihan antara korsel dan korut akan menimbulkan indikator ke berbagai sektor, sehingga secara otomatis akan melibatkan ke berbagai belahan dunia. Bahkan bisa jadi negara uni sovyet akan terbentuk walaupun namanya tidak demikian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s