Amerika Serikat Ternyata Masih Menahan 12 Mata Mata Rusia


Meski 10 mata-mata Rusia sudah dipulangkan ke Moskwa oleh Amerika Serikat, ternyata ada agen ke-12 yang masih ditahan. Harian Wall Street Journal melaporkan, Selasa (13/7), Biro Intelijen Federal sedang memeriksa seorang pria Rusia berusia 23 tahun yang bernama Donald Heathfield yang tinggal di Cambridge, Massachusetts.

Heathfield, yang diduga memiliki nama asli Andrey Bezrukov, sudah diintai sejak musim gugur tahun lalu. Pria itu menjadi bagian jaringan mata-mata Rusia yang sudah sepuluh tahun lebih beroperasi di AS.

Namun, dikabarkan, Heathfield alias Bezrukov juga segera dideportasi ke Moskwa. Agen ke-12 itu segera menyusul 10 agen Rusia yang oleh Washington ditukar dengan agen AS yang ditahan Rusia.

Jaksa Agung AS bulan lalu menuntut 11 orang dengan tuduhan menjadi mata-mata Rusia. Orang kesebelas, yang dikenal sebagai Christopher Metsos, melarikan diri dari Siprus setelah ditangkap polisi lokal.

Donald Heathfield awal tahun ini bepergian ke luar AS tanpa diawasi FBI. FBI berdalih menangkap Heathfield saat hendak berangkat ke luar negeri bulan lalu karena dikhawatirkan target mereka itu akan melarikan diri.

Semua informasi diberikan oleh sumber rahasia karena Pemerintah AS belum menyampaikan keterangan resmi tentang Donald Heathfield.

Tim penyidik mengakui ada hal khusus dalam kasus Donald Heathfield. Pria tersebut tidak memiliki posisi sepenting Christopher Metsos yang dianggap menjadi koordinator para mata-mata. Heathfield tidak dikenakan tuntutan oleh Kejaksaan Agung AS dan justru akan dideportasi. Namun, lokasi penahanan Heathfield tidak disebutkan.

Merasa curiga

Negara Bagian Massachusetts, tempat Heathfield bermukim di AS, adalah lokasi sejumlah ilmuwan penting dan perguruan tinggi ternama. Salah satu lembaga pendidikan ternama tersebut adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sumber di Gedung Putih mengatakan, pada bulan Juni 2010 diketahui Anna Chapman dan Donald Heathfield bermaksud meninggalkan AS. Anna Chapman sudah merasa curiga bahwa gerak-geriknya diawasi aparat AS. Dia bermaksud lari dari AS pada tanggal 26 Juni saat ditangkap FBI.

Donald Heathfield ditangkap tanggal 27 Juni saat hendak meninggalkan AS.

Saat ini sepuluh mata-mata yang dideportasi ke Rusia sedang menjalani de-briefing (taklimat pascaoperasi) di Moskwa di sebuah tempat yang dirahasiakan

Leave a comment