Obama Yakin Undang Undang Untuk Mengontrol Bank Akan Berhasil


Presiden Barack Obama, Rabu (28/4), memuji langkah Senat yang terus memperjuangkan rancangan undang-undang baru yang mengatur Wall Street lebih ketat lagi. Dia mengatakan, rakyat AS tidak boleh lagi membiarkan praktik finansial yang menyebabkan kehancuran perekonomian mereka dua tahun lalu.

Dalam pidatonya yang bergaya kampanye, Obama mengatakan, dia yakin Kongres dalam menyetujui RUU tersebut. Dia juga mengatakan, pengucuran talangan kepada perbankan yang menggunakan dana dari para pembayar pajak harus diakhiri.

Selain itu, investasi rumit yang dikenal sebagai derivatif harus disosialisasikan dengan gencar agar investor memahaminya. Presiden AS itu juga menegaskan agar perlindungan terhadap nasabah lebih ditingkatkan lagi serta memberi peluang kepada para pemegang saham bagaimana perusahaan di Wall Street seharusnya dikelola.

”Inilah saatnya melakukan reformasi,” ujarnya di hadapan sekitar 2.300 orang di kota dekat Sungai Mississippi itu.

Tampaknya kubu Republik semakin jelas tidak akan mencegah RUU itu melaju di Senat.

Obama menggunakan dua hari terakhir lawatannya ini untuk berbicara di negara bagian kawasan Midwestern mengenai pentingnya reformasi di Wall Street.

Menurut dia, beberapa perusahaan Wall Street bertindak seperti kasino, merancang investasi yang dapat dimenangkan mereka sendiri dan nasabah merugi.

Leave a comment