Rusia Menjual Sistem Rudal Canggih Ke Iran Dan Menghadiahi Lebanon Dengan 10 Pesawat Tempur MiG-29

Pemerintah Rusia semakin serius membangun kembali citra kekuatan militernya dengan membantu mempersenjatai dua negara di Timur Tengah. Rusia memenuhi kontrak untuk mengirimkan sistem pertahanan udara S-300 ke Iran dan memberikan 10 pesawat bekas MiG-29 secara cuma-cuma ke Lebanon.

Kantor berita RIA Novosti, mengutip sumber-sumber yang dirahasiakan, Kamis (18/12), menyebutkan, Moskwa sebelumnya telah memenuhi kewajibannya untuk menyuplai sistem Tor-M1 ke Iran dan saat ini telah melaksanakan ketentuan kontrak untuk mengirim sistem S-300.

Tor-M1 adalah sistem peluru kendali jarak pendek darat ke udara. S-300 merupakan senjata paling mutakhir yang bisa melacak target-target dan menembak pesawat yang berjarak 120 kilometer. Sistem senjata ini dikenal Barat dengan nama SA-20.

Pada Oktober, Kementerian Luar Negeri Rusia membantah spekulasi bahwa Moskwa akan menjual sistem S-300 yang bisa membantu Iran mematahkan serangan udara musuh bebuyutannya, Israel dan Amerika Serikat, terhadap fasilitas-fasilitas nuklirnya. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia ketika itu mengatakan tidak berniat menjual persenjataan ke ”wilayah yang bermasalah”.

Israel, AS, dan beberapa negara lain mencurigai Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir, dengan bersembunyi di balik program nuklir sipilnya. Akan tetapi, tuduhan-tuduhan itu terus dibantah Iran.

”Kerja sama teknik dan militer Rusia dengan Iran memberikan sebuah dampak positif terhadap stabilitas di kawasan,” RIA mengutip Alexander Fromin, Wakil Ketua Kerja Sama Teknik Militer Rusia.

Kendaraan lapis baja

Rusia memberikan pesawat- pesawat tempur MiG-29 ke Lebanon, diikuti dengan perundingan di Beirut untuk menjual kendaraan-kendaraan lapis baja Rusia guna memperkuat Angkatan Darat Lebanon.

Kepala Badan Kerja Sama Teknik dan Militer Pemerintah Federal Rusia Mikhail Dmitriyev, Rabu, menjelaskan, pengiriman persenjataan Rusia ke Lebanon sekarang ini memungkinkan karena situasi di sana sudah stabil.

Meski demikian, penyerahan pesawat-pesawat tempur Rusia ke Lebanon kemungkinan akan memicu ketidaksenangan Israel walaupun beberapa pengamat meragukan hal itu.

”Dengan beberapa pengecualian yang sudah diketahui bersama, Lebanon selalu dan tetap menjadi negara di kawasan ini yang condong ke Barat. Jadi, saya tidak melihat (penyerahan pesawat tempur itu) sebagai tantangan langsung (terhadap Israel atau AS),” ujar analis Stanislav Belkovsky.

MiG-29, yang diberi kode Fulcrum oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), merupakan pesawat tempur paling canggih Rusia yang dirancang untuk peran penguasaan udara. Sepuluh pesawat itu tidak akan langsung menantang keunggulan Israel di udara, tetapi bisa mengancam penerbangan lintas batas oleh Israel di atas Lebanon dan Suriah.

Dmitriyev menjelaskan, pesawat-pesawat MiG-29 itu bukan baru, setiap pesawat berbeda-beda masa pakainya. Meski demikian, Rusia akan memperbaiki pesawat-pesawat tempur itu sehingga memenuhi standar normal sebelum dikirim.

About these ads

11 responses to “Rusia Menjual Sistem Rudal Canggih Ke Iran Dan Menghadiahi Lebanon Dengan 10 Pesawat Tempur MiG-29

  1. selain RUSIA negara mana produsen senjata dengan penjualan tertinggi ?
    dari mana ISRAEL memperoleh BOM posphor putih dan Tank Mutakhir ?
    Mau diapakan pembuatan senjata kalau bukan untuk dijual ?
    mau diapakan produk senjata lama ?
    Berapa banyak kematian di dunia akibat perang setiap tahun ?
    Ah… itu semua pertanyaan yang tak ada wadahnya… dilupakan !

  2. biang kejahatan…

  3. Jacky alghifari

    Jihad fisabilillah.

  4. Hati2 bang ada negara yg provokasi perang supaya bisnis jual beli senjatanya tambah laku,,, :p
    dunia hancur gara2 oknum yg terus memprovokasi,,,

  5. Yang pasti kalau amerika serikat dan para terorisme hancur dunia akan aman

  6. Yg pasti bila amerika serikat dan terorisme sudah hancur dunia di jamin tentram

  7. kanapa kita yg repot ..

  8. Я очень приветствую на русский canggihan оружия.
    Давайте продолжать развивать сложные русский оружейной программы возможно.
    Правительство России требует … !
    Американцы очень хитры и американских кувшин уничтожить страну, которая не согласуется с видением и миссией.
    два опасных стран в мире.
    США и Израиль!
    уважительный привет из Индонезии за состоянием нации России.

  9. NKRI persiapkan dirimu suatu saat kau kan jadi target terorisme al qaeda dan sekutu taliban

    • alqaeda dan taliban tuh ga punya senjata dan intelijen yg canggih dia tak bisa berbuat apa2 kecuali Amerika dan skutunya + Israel yg the real Teroris yg bersemayam dan mengkambing hitamkan Alqaeda + Taliban. Aku dukung taliban yg suka membantai kaum muslim.

      • @biri-biri /yang teroris itu siapa juga.. dasar konyol.. udah jelas yang bom sana-sini CIA da n agen-agen nya. contoh nya di meara kembar wtc.. orang amrik aja pecaya kalo itu rekayasa untuk menghantam islam, eh elo orang udik indo malah dukung anti islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s