China Kirim Kapal Perang Ke Somalia Setelah Awak Kapal Dagang China Terlibat Baku Tembak Dengan Perompak


China bersiap mengirimkan kapal perangnya untuk memerangi maraknya aksi perompakan di lepas pantai Somalia, yang telah meminta korban beberapa kapal China beserta awaknya. Langkah China mengirimkan kapal perang ke wilayah yang jauh dari negaranya itu merupakan hal yang langka sekaligus menggambarkan kepercayaan diri militer China yang semakin tinggi.

”Kami bersiap dan melakukan persiapan untuk mengirimkan kapal-kapal Angkatan Laut ke Teluk Aden untuk melindungi alur laut di sana. Kami akan membuat pengumuman resmi ketika saatnya tiba,” ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Liu Jianchao, Kamis (18/12).

Surat kabar pemerintah, Global Times, mengutip sumber AL, melaporkan, China akan mengirimkan dua kapal perusak dan satu kapal logistik ke Teluk Aden untuk membantu armada internasional memerangi perompakan di wilayah tersebut.

Armada China itu akan berangkat dari pangkalan AL wilayah selatan di Pulau Hainan, setelah tanggal 25 Desember, untuk misi selama tiga sampai empat bulan di perairan Somalia.

Pertama kali

Keputusan China mengirimkan kapal perang itu terdorong dengan peristiwa terbaru di mana awak sebuah kapal China terpaksa bertarung dengan para perompak yang berusaha naik ke kapal mereka di Teluk Aden, Rabu. Mereka mendapat bantuan pasukan koalisi internasional yang diberi informasi oleh Biro Maritim Internasional.

Liu Jianchao mengatakan, tujuh kapal, baik yang dimiliki oleh perusahaan pelayaran China, membawa para awak warga China, maupun membawa barang dari China, telah diserang oleh para perompak di Teluk Aden dalam 11 bulan pertama tahun ini.

Menurut Shen Shishun, pakar di Chinese Institute of International Studies, sebuah kelompok pemikir pemerintah, keikutsertaan China akan merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah modern, dengan AL negara itu melakukan sebuah misi jauh di luar perairan China.

Leave a comment