Kalah Perang Di Afganisthan Kini Para Teroris Al Qaeda Berpindah Ke Pakistan


Wilayah-wilayah yang dikuasai para tetua suku-suku di Pakistan disebut sebagai sarang aman para militan. Di sana Al Qaeda diberitakan pula merencanakan serangkaian serangan di Inggris, Perancis, dan Jerman. Wilayah itu dijuluki pula sebagai markas global teroris.

Amerika Serikat menilai wilayah pegunungan terpencil, lembah-lembah dalam, dan hutan- hutan lebat di perbatasan Pakistan-Afganistan sebagai kemungkinan lokasi persembunyian Osama bin Laden.

Wilayah itu juga disebut sebagai daerah paling berbahaya di dunia serta disebut sebagai markasnya Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), yang dipimpin Hakimullah Mehsud.

Perencanaan serangan sudah tergolong matang. BBC menyebutkan rencana serangan itu mirip aksi yang dilakukan di Mumbai, India, beberapa waktu lalu. Rencana serangan di tiga negara Eropa itu dinilai sebagai rencana besar Al Qaeda paling akhir.

”Namun, sejumlah serangan dengan pesawat siluman ke wilayah itu telah menewaskan beberapa pemimpin militan, serta mengganggu eksekusi rencana,” demikian diberitakan televisi Inggris, Sky News.

Serangan pesawat tempur siluman AS telah dilakukan di wilayah kekuasaan para tetua suku itu, yang terletak di barat laut Pakistan (Federally Administered Tribal Areas/FATA).

Sebanyak 21 kali serangan diarahkan ke jaringan Al Qaeda dan afiliasinya di dalam jaringan Haqqani, salah satu kelompok yang paling keras menentang kehadiran AS di Afganistan.

Dalam serangan terbaru September ini, Sheikh Fateh, yang menangani bagian operasi Al Qaeda di Pakistan dan Afganistan, tewas.

AS juga menargetkan serangan ke markas TTP. Para penyelidik AS juga menyebutkan TTP terlibat perekrutan dan pelatihan Faisal Shahzad, warga AS kelahiran Pakistan. TTP dianggap bertanggung jawab atas serangan yang telah menewaskan lebih dari 3.700 orang di Pakistan dalam tiga tahun terakhir.

Namun, 140 kali serangan AS juga telah menewaskan 1.140 orang di Pakistan, termasuk sasaran sipil. Di antara yang tewas itu termasuk Baitullah Mehsud, salah satu pendiri TTP.

Pejabat intelijen Pakistan mengatakan, Ayman al-Zawahiri, tangan kanan Bin Laden, lolos dari serangan AS di Bajaur pada 2006.

One response to “Kalah Perang Di Afganisthan Kini Para Teroris Al Qaeda Berpindah Ke Pakistan

  1. ah ternyata al qaeda sama saja dengan isreal sohib iblis itu … payah

Leave a comment