Pesawat Malaysia Airlines MH136 Batal Mendarat Di Australia Untuk Hindari Tabrakan Dengan Pesawat Lain


Penerbangan pesawat Malaysia Airlines MH136 yang membawa 167 penumpang dengan rute Adelaide-Kuala Lumpur diperintahkan membatalkan lepas landas di Bandara Adelaide, Australia, Selasa, 29 Juli 2014. Perintah pembatalan dari menara kontrol dilakukan untuk menghindarkan pesawat dari tabrakan dengan pesawat Tiger Airways A320, yang sedang mendarat di hadapan MH136.

Berdasarkan laporan The Aviation Herald, awak pesawat MH136 kemudian membatalkan lepas landas dengan kecepatan rendah dan menghentikan pesawat. “Sementara, Tiger Airways A320 terbang terlalu tinggi dan terlalu cepat saat mendarat,” demikian pernyataan yang dilansir dari The Aviation Herald. MH136 membatalkan lepas landas 12 menit setelah perintah diberikan. Tidak ada korban pada peristiwa ini.

Malaysia Airlines menyatakan MH136 sebenarnya sudah siap untuk lepas landas dari Bandara Adelaide. “MH136 sedang dalam kondisi take off roll ketika menara kontrol Bandara Adelaide memerintahkan untuk menghentikan dan mengabarkan adanya pelanggaran di jalur lepas landas,” demikian pernyataan Malaysia Airlines seperti dilansir dari News Strait Times.

MH136 lepas landas dari Bandara Adelaide pada pukul 08.56, 25 menit setelah pembatalan lepas landas. Pesawat yang membawa 167 penumpang tersebut mendarat dengan selamat di Kuala Lumpur pada pukul 03.15 hari ini dengan waktu delay 10 menit.

Sebelumnya pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak di atas udara Ukraina dua pekan lalu. Korban dari kecelakaan tersebut mencapai 298 orang. Tidak hanya itu, Maret kemarin, pesawat Malaysia Airlines lainnya, MH370 yang membawa 239 penumpang, menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Leave a comment