10 Gembong Obat Bius Kartel Meksiko Ditangkap Polisi


Sepuluh orang diduga anggota kartel obat bius tewas dalam adu senjata dengan tentara dan petugas kepolisian di sebelah timur Meksiko, Kamis, 27 Maret 2014.

Menurut Badan Keamanan Publik Negara Bagian Veracruz, bentrok senjata api itu pecah setelah pasukan keamanan ditembaki dari sebuah rumah saat mereka dalam perjalanan di Kota Perote.

“Akibat bentrok senjata api itu, sembilan pria dan satu perempuan tewas,” kata badan ini melalui sebuah pernyataan.

Petugas mengatakan informasi awal yang mereka peroleh menyebutkan para korban tewas itu merupakan anggota kartel obat bius dari kelompok Zetas.

Petugas juga menerangkan, dari hasil tembak-menembak itu, kepolisian menyita sepuluh pucuk senapan otomatis laras panjang, peluru, amunisi, kaus, serta topi berlogo kepolisian federal Meksiko dan kepolisian Veracruz.

Didirikan oleh bekas pasukan elite militer, Zetas dikenal sebagai geng setan yang melakukan berbagai kekerasan di Meksiko dalam beberapa tahun terakhir. Namun kepemimpinan kelompok ini telah dihabisi oleh pemerintah Meksiko dua tahun lalu.

Zetas dipimpin oleh gembong Miguel Angel Trevino yang pernah menguasai kawasan di sebelah timur laut perbatasan negara bagian Tamaulipas pada Juli 2013. Sedangkan pendahulunya, Heriberto Lazcano, tewas dalam tembak-menembak dengan pasukan keamanan pada Oktober 2012.

Leave a comment