Osama Bin Laden Tewas Dalam Operasi Pasukan Khusus Selama 40 Menit


Pemimpin Alqaeda yang selama ini sulit ditangkap, Osama bin Laden, terbunuh di sebuah rumah besar di luar ibukota Pakistan, Islamabad, demikian Presiden AS Barack Obama seperti dikutip Reuter. Setelah pencariaan yang sia-sia terhadap pemimpin Alqaeda itu sejak dia menghilang di Afghanistan pada akhir 2001, Obama mengatakan ekstrimis kelahiran Arab Saudi itu telah tewas dan tubuhnya dikuasai (otoritas AS).

Pihak berwenang Pakistan membenarkan terbunuhnya Osama bin Laden ini, dan menyebutkan orang paling diburu di dunia itu tewas di wilayah Pakistan. Segera setelah kabar ini menyebar, pasar saham berjangka As melesat naik 0,7 persen. sedangkan obligasi US Tresury dan harga emas tergelincir.

Seorang pejabat keamanan Pakistan pada Senin mengatakan kepada AFP bahwa dia mengkonfirmasikan Osama bin Laden telah tewas dalam satu “operasi intelijen yang sangat sensitif”, tapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. “Ya, saya bisa mengkonfirmasikan bahwa dia tewas dalam operasi intelijen sangat sensitif,” kata pejabat itu yang tak bersedia disebut namanya kepada AFP. Pejabat itu mengatakan dia tidak dapat segera mengkonfirmasikan di mana, bagaimana atau kapan Bin Laden tewas. Ketika ditanya apakah intelijen Pakistan berpartisipasi dalam operasi itu, dia mengatakan: “Ini adalah operasi intelijen sangat sensitif.” Jaringan televisi CNN mengutip sumber-sumber yang mengatakan bahwa Osama bin Laden tewas dalam operasi berdasarkan tindaklanjut operasi intelijen AS yang ditargetkan pada rumah mewah di luar ibu kota Pakistan Islamabad.

Seorang pejabat pada otoritas AS mengatakan bahwa anak lelaki pemimpin jaringan teroris Alqaeda, Osama bin Laden, ikut tewas dalam operasi rahasia penggerebakan persembunyian Osama itu. Seperti dikutip Reuters, dua orang dewasa lainnya, juga tewas dalam operasi intelijen yang disebut-sebut dilakukan oleh pasukan khusus angkatan darat AS (Special Forces) di luar ibukota Pakistan, Islamabad.

Presiden AS Barack Obama telah mengumumkan tewasnya pemimpin Alqaeda itu, Minggu malam waktu AS. Setelah pencariaan yang sia-sia terhadap pemimpin Alqaeda itu sejak dia menghilang di Afghanistan pada akhir 2001, Obama mengatakan ekstrimis kelahiran Arab Saudi itu tewas dan tubuhnya dikuasai (otoritas AS). Seorang perempuan dan tiga pria ikut termasuk seorang anak lelaki Osama bin Laden, tewas bersama Osama oleh operasi militer yang dilancarkan AS, demikian para pejabat AS seperti dikutip AFP, Senin.

“Seorang perempuan terbunuh ketika dia digunakan sebagai tameng (hidup) oleh seorang pria kombatan,” kata sang pejabat. Masih ada dua wanita yang menjadi korban dari penggerebekan yang disebut berlangsung sekitar 40 menit tersebut, tapi kedua perempuan ini tidak sampai tewas. Menurut pejabat AS yang meminta namanya dirahasiakan itu, dua dari tiga pria itu berfungsi sebagai pengantar pesan kepada Osama. Sedangkan pria ketiga diduga kuat sebagai anak lelaki Bin Laden, sambung sang pejabat.

KRONOLOGIS TERBUNUHNYA OSAMA BIN LADEN DALAM SERANGAN PASUKAN KHUSUS AMERIKA DAN CIA

Pemimpin Alqaeda Osama bin Laden bersembunyi di satu rumah mewah dekat akademi militer Pakistan dan kurang dari dua jam berkendara dari Islamabad, ketika dia terbunuh dalam operasi dramatis pimpinan CIA.

Operasi intelijen ini melibatkan sejumlah helikopter dan pasukan darat di Minggu malam waktu Pakistan. Terbongkarnya persembunyian bin Laden di dalam wilayah Pakistan tampaknya akibat tekanan politik terhadap Islamabad. Musuh bebuyutan Pakistan, yaitu India, segera mengeluarkan komentar dengan menyatakan bahwa berita tewasnya Osama itu telah menggarisbawahi keprihatinannya bahwa teroris dari organisasi teror berbeda lainnya telah mendapat perlindungan di Pakistan.

Seorang fotografer Reuters di kota lembah Abbotabad yang ada di utara Islamabad mengatakan bahwa polisi telah memblokir jalanan menuju area itu ketika penggerebakan besar malam hari itu dilancarkan. “Setelah tengah malam, sejumlah besar anggota pasukan komando mengepung rumah tersebut. Tiga helikopter mengapung di atasnya. Tiba-tiba muncul tembakan mengarah ke helikopter-helikopter itu dari bawah,” kata Nasir Khan, seorang warga kota itu.

“Saat itu terjadi baku tembak sengit dan kemudian saya melihat satu helikopter jatuh,” kata Khan yang mengaku menyaksikan peristiwa dramatis dari atas atap rumahnya. Para pejabat keamanan senior Pakisan mengatakan bahwa operasi yang berlangsung sekitar pukul 1.30 dini hari itu, melibatkan helikopter dan pasukan darat. Sebuah helikopter militer Pakistan jatuh dekat Abbotabad Minggu malam tadi, menewaskan seorang tentara dan dua lainnya terluka, lapor media setempat. Belum jelas benar apakah jatuhnya helikopter ini berkaitan dengan kematian bin Laden, namun sejumlah saksi mendengar terlebih dahulu baku tembak sengit sebelum salah satu dari dua helikopter yang terbang rendah, jatuh dekat pusdiklat militer Pakistan tersebut.

Tayangan televisi menunjukkan sebuah gambar seseorang yang diyakini Osama bin Laden tertembak di kepalanya, sedangkan mulutnya terbuka menyeringai. Bin Laden menjadi otak Serangan 11 September 2011 yang menewaskan hampir dari 3.000 orang dan menempatkan Amerika Serikat dalam perang panjang selama satu dekade. Fakta bahwa bin Laden ternyata tinggal di kawasan relatif mewah tidak jauh dari Islamabad, menempatkan Pakistan dalam keadaan gamang.

Tak lebih dari 10 hari lalu Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan berpidato di depan para kadet akademi militer dekat tempat terbunuhnya bin Laden itu. Di situ sang jenderal mengatakan bahwa militer negara itu telah menghancurkan tulang punggung kaum militan yang berkaitan dengan Alqaeda dan Taliban. “Untuk sementara waktu akan ada banyak ketegangan antara Washington dan Islamabad karena bin Laden sepertinya tinggal di sini, dekat dengan Islamabad,” kata Imtiaz Gul, seorang analis keamanan.

“Jika ISI (dinas rahasia Pakistan) tahu soal ini maka seseorang di dalam ISI telah membocorkan infomasi (adanya Osama) tersebut,” kata Gul. “Pakistan akan harus berbuat banyak untuk mengendalikan kerusakan (politis) akibat Amerika melaporkan Osama ada di Pakistan… ini adalah pukulan serius terhadap kredibilitas Pakistan.” Kendati begitu, analis pertahanan dan mantan jenderal Talat Masood mengatakan fakta bahwa bin Laden terbunuh melalui sebuah operasi gabungan akan mengurangi luka politik terhadap citra Pakistan. “Semestinya bakal ada tarikan nafas sejenak karena hal ini akan memberikan sejumlah tekanan kepada Pakistan,” kata Talat Masood. “Pakistan kemungkinan besar berkontribusi besar dalam operasi ini, dan Pakistan bisa mendapat penghargaan untuk ini, operasi itu adalah prestasi besar.”

Kota Abbotabad terkenal karena sebagai tempat liburan favorit selama musim panas. Kota ini terletak di sebuah lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau dekat Kashmir bagian Pakistan. Para militan Kashmir yang berjuang di bagian Kashmir wilayah India, diketahui berpangkalan juga di dekat kota di mana Osama bin Laden terbunuh itu. Operasi khusus yang dipimpin dinas rahasia AS (CIA) dengan bekerjasama dengan otoritas keamanan Pakistan ternyata dikendalikan langsung dari CIA di Amerika Serikat. Operasi itu disaksikan dari detik ke detik oleh Direktur CIA Leon Panetta dan sejumlah pejabat intelijen lainnya di sebuah ruang konferensi di markas besar CIA di Langley, Virginia, kata seorang pejabat AS seperti dikutip Reuters. “Ketika kata yang datang sehabis operasi itu ‘sukses,’ para pejabat CIA di ruang konferensi itu bersorak keras,” kata dia.

Osama dikabarkan tewas bersama tiga pria, seorang diantaranya disebut-sebut sebagai anak lelakinya, dan seorang perempuan. Dilaporkan pula tentara dan sebuah helikopter Pakistan tewas dalam penggerebakan yang dramatis itu karena diwarnai baku tembak yang seru. Amerika Serikat tengah melakukan tes DNA terhadap jenazah penimpin Alqaeda Osama bin Laden dan menggunakan teknik pengenalan wajah untuk membantu mengidentifikasinya, kata seorang pejabat AS seperti dikutip Reuters, Senin. Bin Laden telah diidentifikasi oleh pasukan penyerbu yang membunuhnya dalam baku tembak di Pakistan dalam mana dia melawan dan ditembak di kepalanya, kata sang pejabat yang menolak menyebutkan namanya itu.

Hasil tes DNA akan bisa didapatkan dalam beberapa hari ke depan, katanya kepada Reuters. Pasukan penyerbu berada di darat selama lebih dari 40 menit. Operasi itu sendiri disaksikan dari detik ke detik oleh Direktur CIA Leon Panetta dan sejumlah pejabat intelijen lainnya di ruang konferensi di markas besar CIA di Langley, Virginia, kata sang pejabat. “Ketika kata yang datang sehabis itu operasi itu ‘sukses,’ para pejabat CIA di ruang konferensi itu bersorak keras,” kata dia.

Operasi Amerika Serikat yang menewaskan pemimpin Al Qaida, Osama bin Laden, pada hari Ahad juga menewaskan tiga laki-laki dan seorang perempuan. Salah satu korban tewas adalah anak Osama, kata para pejabat AS. “Di samping Osama bin Laden, tiga pria dewasa juga tewas dalam serangan tersebut,” kata seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat tak disebut namanya, kepada para wartawan. Dua orang bekerja sebagai kurir terpercaya untuk Osama bin Laden dan yang ketiga diyakini sebagai anak dewasa bin Laden, kata pejabat itu.

“Seorang wanita tewas ketika ia digunakan sebagai perisai oleh seorang pejuang laki-laki. Dua wanita lainnya luka-luka,” dalam serangan yang berlangsung kurang dari 40 menit, kata pejabat itu. Pasukan AS kehilangan satu helikopter dalam operasi itu karena “kegagalan mekanis” dan helikopter itu dihancurkan oleh Amerika, kata pejabat tersebut. Para pejabat AS lainnya mengatakan bahwa mereka terkejut ketika datang laporan intelijen yang mengungkapkan rumitnya keamanan di kompleks tempat Osama bin Laden bersembunyi. Ada tembok setinggi 12-18 kaki dan di atasnya dipasang kawat berduri.

Operasi itu berlangsung setelah perjalanan panjang dinas mata-mata Amerika untuk melacak seorang kurir terpercaya bagi Osama bin Laden, kata seorang pejabat senior Amerika Serikat. Badan intelijen AS dua tahun lalu akhirnya mampu mengidentifikasi daerah-daerah tempat kurir dan saudaranya beroperasi. Hal itu membuka jalan bagi keberhasilan serangan, kata pejabat itu. Dalam laporan sebelumnya, Reuters mengatakan bahwa Osama bin Laden tewas dan jenazahnya telah ditemukan oleh pemerintah AS, kata beberapa pejabat AS, Ahad malam.

One response to “Osama Bin Laden Tewas Dalam Operasi Pasukan Khusus Selama 40 Menit

  1. Pingback: Misteri Ahmed Omar Saeed Sheikh Sang Pembunuh Osama Bin Laden | Informasi Berita Perkembangan Politik Terkini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s