Sayeeda Warsi, Muslimah Pertama Masuk Kabinet Inggris


Menteri Bayangan bagi Urusan Keutuhan Masyarakat, Baroness Sayeeda Warsi, telah menjadi Muslimah pertama yang ditunjuk masuk kabinet Inggris setelah dipromosikan memimpin Partai Konservatif, pimpinan Perdana Menteri (PM) David Cameron.

Warsi, pengumpul derma yang berusia 39 tahun, menjadi Muslimah pertama yang ditunjuk duduk dalam kabinet bayangan Cameron pada 2007, setelah Cameron menyarankan agar Warsi diberikan tempat di Majelis Perwakilan Tinggi. Warsi juga pernah menjadi wakil ketua partai itu.

Pada 2005, Muslimah tersebut gagal mendapatkan kursi parlemen di Dewsbury, Inggris utara, setelah ia dikalahkan oleh Shahid Malik –yang mencalonkan diri dari Partai Buruh dan belakangan diangkat menjadi menteri kehakiman sebelum kalah dalam pemilihan umum pekan lalu.

Peran ketua Partai Konservatif bertanggung jawab menjalankan mesin partai, mengawasi Kantor Sentral Konservatif dan biasanya menjadi anggota Kabinet ketika partai tersebut memangku jabatan.

Warsi dilahirkan di Dewsbury dari orang-tua asal Pakistan dan belakangan mempelajari hukum di Leeds University serta memiliki pengalaman di Kantor Layanan Hukum serta Departemen Imigrasi Urusan Dalam Negeri di Inggris.

Leave a comment