Rusia Sukses Menguji Coba Rudal Antar Benua RS-24


Rusia berhasil untuk yang ketiga kalinya menguji tembakan rudal balistik baru antarbenua RS-24, Rabu (26/11). Rudal ini dirancang untuk mengatasi sistem pertahanan udara seperti perisai rudal AS yang kontroversial.

Rudal itu ditembakkan dari kosmodrom Plesetsk di Rusia utara dan menghantam sasaran di Semenanjung Kamchatka yang menonjol ke Lautan Pasifik 6.000 kilometer ke arah timur, kata sejumlah kantor berita Rusia.

“Sasaran yang ditetapkan terjangkau. Tugas terlaksana sepenuhnya,” kata komandan pasukan rudal strategis Rusia, Nikolai Solovtsov, seperti dikutip Kantor Berita Interfax.

“Penempatan rudal-rudal RS-24, yang memiliki hulu ledak yang bisa dilepas, memperkuat opsi militer pasukan rudal Rusia dalam sistem pertahanan rudal mendatang,” katanya.

Juru Bicara Militer Rusia Alexei Zolotukhin mengatakan kepada Interfax, “Rudal itu… diluncurkan dari sebuah peluncur bergerak. Ini merupakan pengujian penembakan yang ketiga bagi RS-24 dalam dua tahun terakhir.”

Rusia pada Mei 2007 pertama kali menguji tembakkan rudal RS-24, yang kata militer dirancang untuk mengatasi sistem-sistem pertahanan rudal seperti perisai rudal kontroversial AS yang direncanakan ditempatkan di Eropa timur.

Pengujian kedua, yang juga berhasil, dilakukan pada Desember 2007. Para ahli dan kantor berita Rusia mengatakan, rudal itu mampu membawa tiga hulu ledak nuklir.

Pengujian baru terakhir itu dilakukan setelah Moskow berulang kali mengungkapkan amarah atas rencana penempatan radar pertahanan rudal AS di Republik Ceko dan rudal-rudal penyergap di Polandia.

Baik Presiden Rusia Dmitry Medvedev maupun Perdana Menteri Vladimir Putin telah mendesak Barack Obama membatalkan rencana-rencana itu ketika ia mulai mengemban tugas di Gedung Putih pada Januari mendatang, namun presiden terpilih AS itu belum mengungkapkan niatnya

2 responses to “Rusia Sukses Menguji Coba Rudal Antar Benua RS-24

  1. Bagus tu.. Biar ada yang ngimbangin kekuatan amerika.

Leave a comment