Ini Permainan Geopolitik … Rusia Mulai Merangkul Amerika Latin Setelah NATO dan Amerika Serikat Melebarkan Pengaruh Di Eropa Timur


Rusia merangkul negara-negara Amerika Latin, terlihat dari kunjungan Presiden Rusia Dmitry Medvedev ke sejumlah negara Amerika Latin, termasuk negara yang sangat anti-AS.

Medvedev menjadi presiden Rusia pertama yang berkunjung ke Caracas, Venezuela. Medvedev dijadwalkan tiba Rabu pagi ini.

Pada saat bersamaan, sebuah skuadron kapal perang Rusia yang dipimpin penjelajah bertenaga nuklir Pyotr Veliky (Peter the Great), Selasa (25/11) pagi, tiba di Venezuela untuk sebuah latihan perang bersama. Kapal Pyotr Veliky ditemani kapal perusak Laksamana Chabankenko. Ini indikasi ambisi Moskwa untuk merangkul kawasan Amerika Latin.

Pengiriman sebuah skuadron (terdiri dari tiga sampai empat kapal) Rusia ini adalah yang pertama ke perairan Karibia sejak Perang Dingin berakhir 1986.

”Ini bukan provokasi, tetapi sebuah pertukaran di antara dua negara yang bebas dan berdaulat yang semakin mendekat,” kata Presiden Venezuela Hugo Chavez dalam konferensi pers Senin malam. Chavez dikenal sebagai pengecam keras Washington.

”Kami melakukan latihan bersama dengan Brasil baru-baru ini, dengan Perancis, dengan Belanda, dan kini dengan Rusia,” kata Chavez.

Latihan bersama itu bersamaan dengan dua hari kunjungan Medvedev ke Venezuela. Ia dijadwalkan bertemu dengan Chavez, Kamis, sebelum menuju Kuba.

Kepala Komando Operasi Venezuela Jenderal Jesus Gonzalez hari Senin menegaskan, latihan perang dimulai Rabu hingga 1 Desember. Seorang juru bicara Angkatan Laut Rusia di Moskwa menegaskan, latihan perang itu antara lain perencanaan operasi, membantu kapal-kapal yang memerlukan bantuan, dan pasokan ke kapal-kapal sambil berlayar.

”Kalau Venezuela dan Rusia ingin melakukan latihan militer, itu baik-baik saja. Kami jelas akan mengamati itu dengan saksama,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Sean McCormack di Washington, Senin.

Kemarahan Rusia

Analis melihat, kunjungan Medvedev ke negara-negara di ambang gerbang Washington sebagai bentuk kemarahan Rusia atas rencana AS memasang sistem perisai rudal di Polandia dan Ceska. Juga dukungan AS kepada Republik Georgia, Rusia selatan, Agustus lalu.

Di Peru, seusai KTT APEC, Medvedev dan Presiden Peru Alan Garcia hari Senin mengumumkan program perbaikan helikopter. Berdasarkan kesepakatan itu, Rusia akan mengirim teknisi untuk melatih militer Peru memperbaiki helikopter buatan Rusia.

Medvedev terbang ke Brasil hari Selasa. Dia bertemu dengan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva membicarakan agenda perdagangan bilateral, termasuk energi nuklir dan kemungkinan penjualan peralatan pertahanan.

Kunjungan Medvedev ke Peru, Brasil, Venezuela, dan Kuba direncanakan sebelum krisis keuangan. ”Rusia kini harus mengurangi ambisinya di Amerika Latin,” kata Fyodor Lukyanov, editor majalah Rusia in Global Affairs.

2 responses to “Ini Permainan Geopolitik … Rusia Mulai Merangkul Amerika Latin Setelah NATO dan Amerika Serikat Melebarkan Pengaruh Di Eropa Timur

  1. Informasi yang sangat informatif, thanks.

    Negara-negara Amerika latin yang menentang Amerika Serikat :
    Venezuela, Bolivia, Paraguay, Equador, Cuba, meksiko

  2. Pingback: GEOPOLITIK RUSIA | Fery Setiawan

Leave a comment