Amerika Serikat Siapkan Dana 700 Milyar Dollar Untuk Mengatasi Kemelut Pasar Modal


Pemerintahan Presiden George Walker Bush, Sabtu (20/9) waktu setempat, meminta Kongres AS agar menyetujui pembelian aset surat berharga bermasalah sebesar 700 miliar dollar AS untuk membantu memperbaiki sistem pasar finansial AS dan memperbaiki perekonomian secara keseluruhan. Rencana dana talangan ini merupakan yang terbesar setelah depresi besar pada tahun 1930-an.

Rancangan penyelamatan pasar finansial ini akan memberikan Washington kewenangan yang lebih luas untuk membeli aset yang beragun cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) dari institusi keuangan AS selama dua tahun ke depan. Rencana itu tidak menyebutkan secara spesifik institusi finansial mana yang memenuhi syarat untuk menjual aset busuknya atau apa imbalan yang diperoleh pemerintah setelah menampung aset itu.

Kubu Demokrat menekankan agar rencana penalangan itu juga membantu para debitor KPR, yang terjebak anjloknya harga rumah dan cicilan yang mencekik, dapat tetap tinggal di rumahnya.

Para pejabat Kongres dan pejabat pemerintah bekerja keras sepanjang akhir pekan lalu untuk membuat rincian proposal penalangan tersebut. Gedung Putih berharap kesepakatan dengan Kongres dapat dicapai setidaknya saat pasar dibuka pada Senin pagi atau Senin malam WIB.

”Kami akan terus bekerja dengan Kongres untuk menjadikan rencana ini selesai secepatnya. Ini merupakan paket besar karena masalahnya juga besar,” ujar Presiden Bush di Washington.

Proposal tersebut lebih dari tiga halaman panjangnya, tetapi memberikan kekuasaan kepada pemerintah untuk membelanjakan jumlah uang yang sangat besar dan berasal dari pembayar pajak.

”Ini adalah rancangan yang singkat, tetapi melibatkan uang yang banyak sekali. Kami memahami pentingnya antisipasi di pasar, tetapi kami juga mengetahui bahwa apa yang sedang kami lakukan memiliki konsekuensi yang panjang, hingga berpuluh tahun ke depan,” ujar Senator Chris Dodd, Ketua Komite Perbankan Kongres.

Para anggota Kongres membahas dengan teliti bagaimana ongkos proposal Bush tersebut dan menyerukan bahwa proposal itu tidak membantu para debitor KPR yang tengah berjuang membayar KPR-nya atau bagaimana menyelamatkan uang para pembayar pajak itu.

”Pemerintah harus menalangi sistem finansial karena, jika tidak melakukan hal itu, krisis akan membawa dampak yang sangat luas kepada konsumen AS, pemilik rumah, pembayar pajak, dan lainnya,” ujar Ketua Kongres Nancy Pelosi di San Franscico.

Defisit melebar

Pemerintah harus meminjam uang untuk mendapatkan dana pembelian, sementara defisit anggaran pemerintah federal sudah membengkak. Defisit hingga tahun fiskal ini yang berakhir 30 September sudah mencapai 407 miliar dollar AS, dua kali lipat dari 161,5 miliar dollar AS pada tahun 2007.

Hal ini mencerminkan bahwa perlambatan ekonomi dan paket stimulus sebesar 168 miliar dollar AS sudah tercantum pada pembukuan pemerintah. Diperkirakan, defisit akan mencapai 482 miliar dollar AS pada saat tahun pertama masa kepresidenan baru. Angka itu tidak termasuk suntikan sebesar 200 miliar dollar AS untuk Fannie Mae dan Freddie Mac.

Leave a comment