Bos Triad Ditangkap


Kepolisian Hongkong menyatakan berhasil menaklukkan kelompok Triad yang terkenal kejam. Polisi menangkapi puluhan orang yang dianggap sebagai pemimpin kelompok dan anggota utama itu.

Triad merupakan julukan bagi mafia Asia dan mempunyai jaringan di seluruh dunia.

Ada 36 tersangka, termasuk seorang pria berusia 56 tahun yang diduga sebagai pemimpin dan anggota senior dari sebuah sindikat kriminal yang tergolong paling kuat di Asia itu. Polisi belum mau mengungkapkan nama kelompok tersebut.

Mereka ditangkap dalam sebuah operasi besar yang dilakukan di Hongkong, Senin (13/12) malam, tetapi kasusnya baru diberitakan kemudian.

Puluhan polisi dan petugas imigrasi bergerak serentak di beberapa tempat yang berbeda di Hongkong, termasuk empat kelab malam.

Sebanyak 16 lelaki dan 20 perempuan berusia antara 22 dan 63 tahun ditangkap dalam beberapa kesempatan. Mereka dituduh melakukan berbagai macam kejahatan, seperti mengatur bisnis pelacuran, penjualan obat-obat terlarang, dan kejahatan yang terkait dengan keimigrasian.

”Kami yakin operasi ini telah menjaring semua anggota utama dari kelompok Triad dan sudah sukses mengejutkan aktivitas Triad di kawasan Kowloon Barat,” demikian pernyataan polisi.

Kowloon merupakan kawasan di Hongkong yang padat penduduk dan bernuansa metropolis.

Operasi polisi ini merupakan tindakan terbaru dalam upaya memberantas kejahatan terorganisasi di bekas koloni Inggris tersebut.

Pada bulan lalu, polisi mengakap 56 orang dalam operasi melawan sindikat Triad utama di kota itu yang dikenal dengan nama kelompok Wo Shing Wo.

Sepanjang tahun lalu polisi menahan sekitar 2.000 orang di Hongkong, Makau, dan China daratan sebagai bagian dari operasi berkala terhadap organisasi kriminal. Setidaknya ada dua bos mafia yang dieksekusi di daratan China pada tahun lalu.

Polisi enggan mengungkapkan kelompok mana yang menjadi sasaran utama dalam penyerbuan terbaru itu.

Sun Yee On

Akan tetapi, laporan media setempat menyatakan, otoritas sedang memburu Triad dari kelompok Sun Yee On yang sangat berkuasa.

Di antara orang yang tertangkap dalam operasi tersebut adalah 19 perempuan yang berasal dari China daratan. Mereka diduga bekerja secara ilegal di kelab malam yang dikelola oleh Triad, sebagaimana diutarakan seorang juru bicara kepolisian.

”Semua tersangka ditahan untuk ditanyai lebih lanjut dan tidak ada yang dilepaskan hingga Rabu pagi,” kata juru bicara tersebut.

Harian South China Morning Post menyatakan, orang yang diduga kuat merupakan otak dari kelompok Sun Yee On telah ditangkap di apartemennya setelah polisi menyerbu tempat tinggalnya itu.

Sun Yee On merupakan satu di antara tujuh sindikasi kriminal yang diyakini terlibat dalam prostitusi, perdagangan narkotik, dan pelanggaran hak cipta. Operasi pemberantasan ini masih berjalan, kata polisi.

Kepolisian Hongkong mencatat, telah terjadi penurunan angka pelaporan kejahatan yang terkait dengan Triad pada kurun waktu 10 bulan pertama dalam tahun ini. Total kasus yang dilaporkan sejumlah 1.645 kasus atau berkurang 13,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2009.

Pada awal Desember, lebih dari 40 orang yang diduga terkait Triad maju ke pengadilan. Ada 42 orang, termasuk pemimpin Triad yang dikenal dengan nama Kepala Naga, serta anggota baru yang berusia 14 tahun tampil di pengadilan.

Dari jumlah itu, ada 34 orang yang ditangkap dalam sebuah pesta daging panggang untuk memperingati ulang tahun ke-29 seseorang yang diduga merupakan pemimpin kelompok. Penyerbuan dilakukan setelah polisi menyamar dan masuk ke dalam lingkaran kriminal itu sejak tahun lalu. Polisi memperkirakan, Triad bertanggung jawab atas 3 persen kejahatan di Hongkong.

Leave a comment