ISIS Kembali Bom Mesjid Di Arab Saudi … 12 Jamaah Yang Lagi Salat Tewas


Bom bunuh diri meledak di masjid yang terletak di markas besar Angkatan Darurat khusus di Abha, ibu kota provinsi Asir, Arab Saudi pada Kamis (6/8). Setidaknya 15 orang tewas dalam insiden ini. Dilaporkan Reuters, Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa serangan ini diluncurkan oleh kelompok militan ISIS. Pelaku bom bunuh diri diketahui satu orang, yang meluncurkan serangan ketika jamaah masjid tengah melakukan salat.

Sebanyak 12 korban tewas merupakan anggota kepolisian sementara tiga lainnya merupakan pekerja di kompleks militer tersebut. Sebelumnya, dua di antaranya sempat terluka parah namun akhirnya tidak tertolong. Sementara, beredar kabar di media sosial Twitter bahwa ISIS telah menyerang kompleks militer tersebut. Meski demikian, belum jelas serangan yang dimaksud, apakah serangan bom bunuh diri ini atau terdapat serangan lainnya.

“Dia (pelaku bom bunuh diri) mampu menyusup penjagaan petugas keamanan dan menembus tempat perkumpulan mereka lalu meledakkan bom dan menyebabkan kematian serta cedera,” bunyi pernyataan yang beredar di media sosial, diduga berasal dari kelompok militan ISIS.

Pengeboman bunuh diri bukan hanya sekali terjadi di Saudi. Pada Mei lalu, dua serangan bom bunuh diri meledak di masjid Mdi Saudi, serangan yang diklaim oleh ISIS. Serangan bom bunuh diri pertama terjadi di sebuah masjid di Qatif, bagian timur Saudi, menewaskan 21 jamaah. Sementara, empat orang lainnya tewas dalam pengemboman yang terjadi sepekan kemudian di sebuah masjid di Dammam.

Serangan bom lain yang diklaim oleh ISIS terjadi di sebuah masjid di Kuwait pada Juni lalu, menewaskan 27 orang. Kelompok militan ISIS sangat menentang negara penguasa Teluk Arab, mencoba untuk membangkitkan konfrontasi sektarian di semenanjung Arab untuk mencoba mengulingkan negara-negara Teluk yang berkuasa, seperti Arab Saudi.

Kelompok militan ini juga menjadikan mesjid musuh sebagai sasaran mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s