Pilot Pesawat Germanwings Tidak Ada Di Kokpit Ketika Pesawat Jatuh


Fakta mengejutkan ditemukan dalam penyelidikan sebab jatuhnya pesawat Germanwings di Pegunungan Alpen, Paris. Menurut laporan New York Times, berdasarkan rekaman suara diketahui salah satu pilot pesawat itu terkunci di luar kokpit sebelum kecelakaan itu.

“Anda dapat mendengar ia sedang mencoba untuk menghancurkan pintu,” kata seorang pejabat senior militer yang terlibat dalam penyelidikan pada koran itu, menggambarkan temuan audio dari perekam suara kokpit dalam kotak hitam pesawat. “Kami belum tahu alasan mengapa dia keluar,” kata pejabat itu, menurut laporan NYT. “Tapi yang pasti adalah bahwa di akhir penerbangan, pilot lain sendirian dan tidak membuka pintu.”

Juru bicara Lufthansa Klaus Gorny mengatakan perusahaan tidak memiliki informasi tentang laporan itu, tapi tengah menyelidikinya. Laporan NYT ini, menurut analis penerbangan Peter Goelz, sangat mengejutkan. Namun dia dan para ahli lainnya memperingatkan bahwa masih belum jelas apa yang bisa saja terjadi di dalam kokpit.

Sebelumnya, pemerintah Prancis mengungkapkan mereka berhasil mengakses audio dari perekam, meskipun bagian luar kotak hitam itu rusak. Kotak hitam akan sangat penting untuk membantu memahami misteri tentang apa yang terjadi di dalam pesawat itu menit-menit sebelum jatuh.

Perekam data penerbangan sejauh ini belum ditemukan, tapi CEO Lufthansa–perusahaan induk Germanwings–Carsten Spohr mengatakan Rabu bahwa ada kemungkinan besar akan segera ditemukan. Daerah pegunungan di mana pesawat Germanwings jatuh dikenal merupakan medan yang sulit.

Spohr mengatakan pada Selasa kecelakaan pesawat itu “merupakan jam paling gelap” dalam sejarah perusahaannya. “Kami berjuang untuk memahami bagaimana sebuah pesawat yang berada dalam kondisi teknis yang sempurna dengan dua pilot yang berpengalaman terlibat dalam suatu kecelakaan yang mengerikan,” katanya.

Namun yang lebih buruk, kata dia, adalah melihat kesedihan dari kerabat dan teman-teman korban yang tewas dalam kecelakaan itu. Lufthansa berencana membawa kerabat dan keluarga korban ke Perancis selatan, Kamis, agar mereka bisa dekat ke lokasi pencarian.

Pesawat Germanwings jatuh saat mengarungi penerbangan dari Barcelona, ​​Spanyol, menuju Dusseldorf, Jerman, Selasa. Pesawat mencapai ketinggian jelajah 38.000 kaki, tapi secara tiba-tiba turun selama sekitar delapan menit. Pesawat kehilangan kontak dengan radar Perancis pada ketinggian sekitar 6.000 kaki sebelum jatuh. Sebanyak 150 penumpang dari 18 negara dinyatakan tewas.

Juru bicara otoritas Penerbangan Sipil Prancis Eric Heraud mengatakan pesawat Germanwings tidak pernah mengirim sinyal darurat. Pesawat tersebut kehilangan kontak pada pukul 10.30 waktu setempat.

Pesawat Germanwings Airbus 320 rute Barcelona, Spanyol, ke Duesseldorf, Jerman, jatuh di pegunungan Alpen pada Selasa pagi. Bos Germanwings mengatakan pesawat jatuh sebelum akhirnya menabrak pegunungan Alpen dan diperkirakan menewaskan 144 orang di dalam pesawat.

CEO Germanwings Thomas Winkelmann mengatakan pesawat mulai turun tak lama setelah mencapai jalur penerbangan seusai lepas landas dari Bandara Barcelona. Pesawat itu turun dalam waktu delapan menit.Pesawat Germanwings Airbus A320 jatuh di Pegunungan Alpen, Prancis, Selasa, 24 Maret 2015. Germanwings sempat mencapai ketinggian 11.500 meter sebelum akhirnya menukik dan mengalami kecelakaan.

Pesawat tersebut mencapai ketinggian 11.500 meter pada pukul 10.45. Tapi semenit kemudian, Germanwings A320 tersebut menukik. Pesawat menukik selama delapan menit. Pengawas lalu lintas udara Prancis mulai kehilangan kontak pukul 10.53 saat pesawat berada di ketinggian sekitar 1.828 meter. Setelah itu, Germanwings mengalami kecelakaan.

Pesawat tersebut dicek secara rutin pada Senin di Duesseldorf. Sementara pengecekan meneluruh dilakukan pada musim panas 2013. Winkelmann mengatakan pilot pesawat tersebut memiliki 10 tahun pengalaman di Lufthansa dan Germanwings. Dia pun pengalaman 6.000 jam memiloti pesawat Airbus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s