Foto Bugil Aktris Iran Golshifteh Farahani di Majalah Perancis Egoiste


Seorang aktris Iran, yang telah dikucilkan dari negara itu karena memperlihatkan payudaranya dalam sebuah pengambilan foto tahun 2012, telah menyebabkan kehebohan baru setelah berpose telanjang di majalah Perancis, Egoiste.

Sebuah foto hitam putih aktris Golshifteh Farahani yang diambil fotografer terkenal dunia, Paolo Roversi, tampil di sampul depan majalah itu. Foto tersebut memperlihatkan perempuan 31 tahun itu menatap penuh gairah ke arah kamera dengan tubuh sedikit meliuk demi menampilkan sosoknya yang telanjang.

Farahani dikucilkan dari Iran pada 2012 karena memperlihatkan payudara kanannya dalam sebuah video promosi bersama sejumlah aktor lain untuk mempromosikan Cesars, program setara Academy Awards-nya Perancis.

Pihak berwenang telah menelepon keluarganya di Teheran untuk memberi tahu bahwa dia akan dihukum, payudaranya akan dipotong dan disajikan di sebuah piring (untuk ayahnya),” lapor situs berita Al-Arabiya pada saat itu.

Kini, perempuan itu tinggal di Paris bersama suaminya, tetapi aksi pemberontakan terbaru itu terhadap negara asalnya yang suka menindas hak berekspresi telah menimbulkan pertanyaan tentang keselamatan dirinya.

Fox News mengklaim bahwa Farahani mengatakan, “Perancis telah membebaskan saya. (Paris) merupakan satu-satunya tempat di dunia di mana perempuan tidak (perlu) merasa bersalah. Di Timur, Anda (bersalah) sepanjang waktu segera setelah Anda merasakan dorongan seksual pertama Anda.”

Farahani dikenal dunia saat menjadi lawan main aktor Hollywood Leonardo DiCaprio dan Russel Crowe dalam film Body of Lies, sekaligus menjadi aktris Iran pertama yang tampil dalam film besar Hollywood sejak Revolusi Iran 1979.

Namun, sejumlah pihak berpendapat bahwa pose telanjang Farahani bukan cara terbaik untuk mendukung hak-hak perempuan Iran.

Kamal Nawash dari Free Muslim Coalition misalnya mengatakan, “Selain merendahkan dan menjadikan perempuan sebagai obyek, berpose telanjang sebenarnya kontraproduktif dalam mendukung hak-hak perempuan. Mereka yang menentang kesetaraan perempuan akan menunjuk ke perempuan telanjang dan menyatakan kepada para orangtua bangsa itu bahwa nilai-nilai tradisional mereka yang mencegah anak-anak perempuannya terdegradasi.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s