Diplomat Romania Dipecat Karena Hina Tamu Kenegaraan Lewat Email


Seorang diplomat Romania diberhentikan setelah kedutaan Romania di Paris mengirimkan undangan lewat surat elektronik untuk suatu acara, tetapi di dalam undangan tercantum komentar tentang para tamu.

Kementerian Luar Negeri Romania tidak menyebut nama diplomat yang diberhentikan tersebut.

Persoalan bermula ketika pekan lalu kedutaan mengirimkan undangan untuk acara yang dihadiri oleh Presiden Klaus Iohannis dalam kunjungannya ke Paris pada Selasa (10/2/2015).

Namun, tanpa sengaja, undangan yang disebar lewat e-mail itu juga disertakan lembaran kerja yang menyebut beberapa tamu sebagai “tak diinginkan” dan seorang tamu disebut “menakutkan”.

Duta Besar Romania untuk Perancis, Bogdan Mazuru, mengatakan, insiden itu disesalkan dan ia bersedia menjelaskan ke parlemen bila diperlukan.

Kedutaan telah meminta maaf atas pengiriman lembar kerja berisi keterangan para tamu, tetapi menegaskan bahwa keterangan itu bersifat pribadi. Namun, kemarahan sejauh ini belum mereda.

Kementerian Luar Negeri Romania menambahkan, diplomat kedua juga dipanggil pulang. Ia diketahui bekerja di Institut Kebudayaan Romania di ibu kota Perancis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s