Pukuli Demonstran Hingga Tewas … Polisi Turki Dihukum 10 Tahun Penjara


Dua polisi Turki dijatuhi vonis 10 tahun penjara karena memukuli seorang demonstran hingga tewas. Kasus ini terjadi dalam unjuk rasa antipemerintah Turki pada tahun 2013 lalu. Polisi setempat terpaksa menembakkan gas air mata usai vonis dibacakan, untuk membubarkan para demonstran yang berkumpul di luar pengadilan di Kayseri, Turki pada Rabu (21/1). Demikian seperti diberitakan CNN Turk dan dilansir Reuters, Kamis (22/1/2015).

Keluarga demonstran yang tewas, Ali Ismail Korkmaz (19) menyebut vonis 10 tahun penjara terlalu ringan. Korkmaz tewas pada Juni 2013 lalu saat ikut unjuk rasa antipemerintah. Rekaman CCTV menunjukkan bagaimana Korkmaz dipukuli di bagian kepala dengan tongkat. Setidaknya ada 4 orang berpakaian sipil yang terlihat mengelilingi dan memukuli Korkmaz yang berstatus mahasiswa tersebut.

Usai beraksi, keempat pelaku melarikan diri. Sedangkan Korkmaz jatuh koma hingga akhirnya meninggal dunia sebulan kemudian. Tiga terdakwa lainnya divonis 7 tahun penjara. Sedangkan satu terdakwa lainnya divonis 3 tahun penjara. Presiden Recep Tayyip Erdogan yang kala itu masih menjabat sebagai Perdana Menteri Turki, menuai kritikan tajam dari dalam negeri maupun luar negeri. Saat itu, Erdogan dianggap bertindak otoriter terhadap demonstran. Erdogan bahkan menyebut para demonstran sebagai teroris dan berandalan.

Sedikitnya 5 demonstran lainnya dan seorang polisi tewas dalam unjuk rasa yang berujung kerusuhan pada tahun 2013 lalu. Ribuan orang lainnya mengalami luka-luka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s