Putin Kalah Kembali Obama Sebagai Orang Paling Berpengaruh Di Dunia


Untuk kali kedua secara berturut-turut, Presiden Rusia Vladimir Putin berhasil mengalahkan Presiden AS Barack Obama dalam daftar pemimpin dunia paling berpengaruh yang dirilis majalah Forbes.

Pada tahun saat Rusia menganeksasi Semenanjung Crimea, memanaskan konflik Ukraina, dan berhasil mengikat kesepakatan miliaran dollar dengan China untuk pembangunan pipa gas yang disebut sebagai proyek konstruksi pembangunan terbesar di dunia, membuat Putin tetap berada di puncak.

Ini adalah kali ketiga dalam masa jabatannya, Obama kehilangan predikat sebagai pemimpin paling berpengaruh. Dua kali kalah dari Putin, sekali dari pemimpin China Xi Jinping.

“Untuk kali kedua berturut-turut, kami memilih Presiden Rusia sebagai pemimpin dunia paling berpengaruh disusul Presiden AS Barack Obama,” demikian pernyataan majalah Forbes.

Pada 2014 ini, Forbes merilis 72 orang paling berpengaruh di dunia. Namun, lima posisi teratas tidak berubah sejak tahun lalu.

Posisi ketiga ditempati pemimpin China Xi Jinping, yang akan memimpin China selama satu dekade ke depan di mana China akan menenggelamkan AS sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Di peringkat keempat dihuni Paus Fransiskus, disusul Kanselir Jerman Angela Merkel di peringkat kelima. Terdapat 12 pendatang baru dalam daftar ini, yaitu Perdana Menteri India Narendra Modi di posisi ke-15. Kemudian pendiri Alibaba sekaligus orang terkaya di China, Jack Ma, di peringkat ke-30.

Adapun yang mengejutkan adalah masuknya nama pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi di peringkat ke-54 orang-orang paling berpengaruh di dunia.

Secara total, sebanyak 26 orang berpengaruh berasal dari AS, 19 orang dari Asia Pasifik, termasuk enam orang dari China. Dalam daftar ini juga terdapat 17 kepala negara yang seluruhnya mengendalikan GDP gabungan sebesar 48 triliun dollar AS.

Terdapat juga 39 orang CEO yang secara total mengendalikan penghasilan tahunan sedikitnya 3,6 triliun dollar AS.

Selain itu, terdapat sembilan perempuan dalam daftar ini, tetapi untuk kali pertama dua perempuan, yaitu Kanselir Merkel dan Direktur US Federal Reserve Janet Yellen, masuk dalam posisi 10 besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s