Kakek Usia 90 Tahun Di Penjara Karena Kebaikan Hatinya Memberi Makan Tunawisma


Arnold Abbott membagikan empat piring makanan kepada para tunawisma di sebuah taman di South Florida, AS. Kemudian polisi menghentikan pria berusia 90 tahun itu melanjutkan kegiatannya tersebut.

“Seorang petugas mengatakan, ‘Jatuhkan piring itu sekarang, seakan saya punya senjata,'” kata Abbott.

Abbott dan dua orang pendeta di Fort Lauderdale, Florida, didakwa karena memberi makan para tunawisma di depan umum pada hari Minggu (2/11/2014). Para petugas itu bertindak berdasarkan peraturan baru di kota itu yang melarang pembagian makanan di depan umum, lapor WPLG, media afiliasi CNN.

Ketiga orang itu kini menghadapi kemungkinan hukuman penjara dan denda sebesar 500 dollar AS, lapor WPLG.

Walau ada sejumlah kritik dari para pembela tunawisma, sejumlah pejabat kota itu telah berjanji untuk menerapkan aturan baru tersebut. “Kami tidak berhenti menegakkan aturan hanya karena ada perhatian media. Kami menegakkan aturan di Fort Lauderdale,” kata Walikota Jack Seiler kepada WPLG.

Dia membela aturan itu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Sun-Sentinel. “Saya tidak puas dengan adanya tunawisma di kota Fort Lauderdale,” kata Seiler. “(Namun) memberikan mereka makanan dan mempertahankan mereka dalam siklus itu di jalanan tidak produktif.”

Namun Abbott, yang telah membantu dalam memberi makan para tunawisma di daerah itu melalui lembaga nirlaba Love Thy Neighbor sejak tahun 1991, mengatakan pihak berwenang menyasar warga kota yang paling rentan. “Mereka adalah yang termiskin dari orang miskin. Mereka tidak punya apa-apa. Mereka tidak memiliki tempat berteduh,” katanya. “Siapa yang bisa mengusir mereka?”

Abbott telah menentang larangan semacam itu sebelumnya. Tahun 1999, dia menggugat kota itu karena melarang dirinya memberi makan para tunawisma di pantai. Ketika itu, dia menang.

Dia mengatakan, ancaman tuduhan itu tidak akan menghentikannya untuk memberi makan para tunawisma. “Saya tidak takut dipenjara. Saya tidak mencari-cari hal itu, tetapi jika saya harus, saya akan menjalaninya,” katanya.

Rabu waktu waktu setempat atau Kamis WIB, Abbott mengatakan dia akan berada di Fort Lauderdale Beach, siap untuk menyediakan makanan bagi tunawisma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s