Kim Jong-Un Pemimpin Tertinggi Korea Utara Sudah Sebulan Menghilang


Sudah sebulan Kim Jong-un tak diketahui kabar beritanya. Kali terakhir pemimpin muda Korea Utara itu muncul pada 3 September 2014 lalu, menonton konser resmi bersama istrinya. Di tengah absennya sang diktator, adik perempuannya, Kim Yo-jong tiba-tiba muncul. Ada apa? Menurut North Korean Intellectuals’ Solidarity yang berpusat di Seoul Korsel, yang didirikan para mantan profesor Korut, Kim Yo-jong saat ini mungkin mengendalikan pemerintahan, menggantikan sang kakak yang absen.

Kelompok tersebut tak menyebut sumber informasi yang mereka dapatkan, dan klaim itu belum dikonfirmasi. Namun, mereka menambahkan, Kim Yo-jong ada lingkaran rezim, mungkin sebagai sekutu utama kakaknya. “Dia adalah salah satu orang di Korut yang setahu kami punya akses tak terbatas ke Kim Jong-un. Saat ini kami tak akan terkejut jika ternyata ia menjadi penjaga gawang,” kata Michael Madden, yang mengelola blog North Korea Leadership Watch, yang melacak para elit Korut, dikutip dari Global Post, Selasa (7/10/20140).

Hanya sedikit informasi yang diketahui tentang Kim Yo-jong — yang selama ini kehidupannya tak diumbar televisi negara. Ia dilaporkan sekolah di Swiss, sama seperti abangnya. Yo-jong diperkirakan lahir tahun 1987 atau 1988. Dia adalah bungsu dari 7 saudara — anak-anak Kim Jong-il dari 4 istri– yang terungkap.

Dalam sejumlah penampilannya, ia hampir tak menonjol di jajaran elit Pyongyang. Selama bertahun-tahun, corong resmi negara tak menyebut Yo-jong sebagai kader resmi. Namun, Maret lalu ia muncul dalam penampilan perdananya di televisi pemerintah, dalam status ‘pejabat senior’ — pasca-eksekusi mantan orang dekat Kim Jong-il, Jang Song-taek.

Pada akhir 2013, Kim Jong-un mengeksekusi Jang Song-taek — yang adalah pamannya sekaligus ‘king maker’-nya — atas tuduhan pengkhianatan dan korupsi. Istri Jang, Kim Kyong-hui, yang pernah jadi salah satu orang paling penting di Korut juga menghilang dari hadapan publik sejak September 2013. Rumor yang beredar, ia tewas akibat kecanduan alkohol, ‘dibersihkan, atau bersembuyi di Polandia. Mana yang benar, tak ada yang tahu.

Kim Kyong-hui, mungkin memiliki peran sebagai perencana administrasi dan logistik untuk Kim Jong-un. Tak semua saudara sedarah Kim Jong-un bisa beruntung mendapatkan jabatan tinggi di pemerintahan. Si sulung, Kim Jong-nam dicoret dari daftar pewaris takhta ayahnya, gara-gara ia ketahuan mengunjungi Disneyland di Tokyo pada tahun 2001, dengan paspor palsu Dominika.

Dideportasi dari Jepang, ia dianggap mempermalukan Korut dan terutama bapaknya. Kini ia dan keluarganya tinggal di Macau. Kakak Kim Jong-un yang lain, Kim Jong-chul sama sekali tak dipertimbangkan sebagai calon pemimpin. Ia dinilai terlalu sensitif dan santai, demikian menurut mantan koki sushi sang pempimpin Korut. Jong-chul kali terakhir tampil di depan publik saat nonton konser Eric Clapton di Singapura.

Bantahan Korut
Sementara itu Korut membantah laporan yang menyebut Kim Jong-un dalam kondisi sakit dan bahwa adik perempuannya kini mengendalikan pemerintahan. Pernyataan Pyongyang, seperti dikutip dari Euronews mengatakan, klaim pemimpin mereka sedang dirawat dan bahwa militer dalam kondisi ‘siap tempur’, adalah rumor mengada-ada.

Klaim lain — oleh mantan pejabat kontra intelijen Korea Utara — menduga sang ‘Supreme Leader ‘ digulingkan dan negara dalam kondisi perang. Jang Jin-sung kepada Vice mengatakan, Kim Jong-un adalah “pemimpin boneka” Korea Utara yang kini dikendalikan sekelompok elit baru.

Yonhap News Agency melaporkan, Kim Jong-un saat ini menderita asam urat. Sementara Free North Korea Radio (FNK) menduga, ia menjalani operasi pada pergelangan kakinya. Sementara, pejabat Korea Utara hanya mengatakan pemimpin mereka sedang mengalami “ketidaknyamanan”. Tak ada penjelasan lebih lanjut soal itu

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un tak muncul di depan publik selama 3 minggu. Juga absen ke rapat kenegaraan yang penting, padahal ia datang tiap tahun sejak mewarisi kekuasaan dari ayahnya, Kim Jong-il pada tahun 2011 lalu.

Kamis 25 September 2014 kemarin Kim Jong-un tak ada di acara Majelis Agung Rakyat Korea Utara atau parlemen yang dihadiri para pejabat partai, petinggi militer, dan sejumlah organisasi nasional. Kursi istimewa yang disediakan untuknya di panggung tetap kosong — jadi pemandangan yang mencolok di tengah para petinggi Korut di sekelilingnya.

“Kami mengira ia akan datang ke Majelis Agung Rakyat, karena Kim Jong-un selalu hadir dalam acara itu,” kata Yoo Ho-Yeol, dosen studi Korea Utara di Korea University di Seoul seperti dikutip dari CNN, Jumat (26/9/2014).
“Ketidakhadirannya menimbulkan spekulasi, mungkin ada masalah dengan kesehatannya.”

Beredar rumor, pemimpin negara yang masih ‘belia’, baru berusia 31 itu sedang sakit. Sejumlah pengamat menilai, berat badannya naik. Kim Jong-un juga terlihat lemas dan berjalan sedikit pincang pada bulan Juli.

Berdasarkan data peliputan kantor berita Korut KCNA, ‘Supreme Leader’ kian sedikit muncul di depan publik. Pada bulan Juli ada 24 acara yang ia kunjungi, 16 kegiatan pada Agustus, dan hanya satu acara pada bulan September. Penampilan di depan umum terakhirnya pada sebuah konser pada 4 September, kala itu ia dihadiri sang istri, Ri Sol Ju. “Mirip dengan apa yang terjadi pada 2008 lalu saat Kim Jong-il sakit parah,” kata Yoo.

Menanggapi rumor yang beredar soal kesehatan sang pemimpin, sebuah pengumuman, dengan media dokumenter, disampaikan media pemerintah Korut. Isinya mengabarkan bahwa Kim Jong-un sedang ‘tak enak badan’.

“Kekayaan dan kemakmuran sosialisme negara ini adalah berkat upaya sungguh-sungguh dari pemimpin kita, yang memberikan petunjuk bagi kita, seperti kerlip api, meskipun sedang merasa tak nyaman. Dokumenter itu juga menyorot kursi kosong yang seharusnya jadi tempat duduk Kim Jong-un,” demikian disiarkan KCNA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s