Pasukan Hezbollah Bunuh Seorang Komandan ISIS di Suriah


Pasukan Hezbollah Lebanon dikabarkan telah membunuh seorang pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang merencanakan serangan ke Lebanon. Demikian ungkap Organisasi Pengamat HAM Suriah (19/8/2014). Organisasi ini menyatakan, para pejuang Hezbollah menewaskan Abu Abdullah al-Iraqi dalam pertempuran di Qalamun, Suriah, dekat perbatasan dengan Lebanon.

Abu Abdullah adalah salah seorang pemimpin ISIS yang mempersiapkan serangan bom bunuh diri ke Lebanon. “Abu Abdullah tewas akibat ledakan jebakan bom yang ditanam Hezbollah yang diledakkan saat kendaraan yang ditumpangi Abu Abdullah lewat,” demikian ungkap Lembaga Pengamat HAM Suriah.

Sementara itu, stasiun televisi milik Hezbollah, Al Manar, juga melaporkan kematian Abu Abdullah al-Iraqi. Namun, Al-Manar menyebut Abu Abdullah tewas dibunuh tentara Suriah. “Abu Abdullah al-Iraqi tengah mempersiapkan para pengebom bunuh diri dan sejumlah mobil yang akan digunakan untuk menyerang Lebanon,” demikian Al-Manar.

Kelompok Hezbollah yang beraliran Syiah adalah sekutu dekat rezim Bashar al-Assad dan sudah lebih dari setahun membantu pasukan Suriah memerangi kelompok pemberontak, termasuk ISIS. Keterlibatan Hezbollah sangat membantu militer Suriah merebut kembali sejumlah posisi kunci tetapi membuat konflik Suriah merembet ke Lebanon. Ratusan warga muslim sipil di Lebanon tewas setelah menjadi sasaran serangan bom bunuh diri dan bom mobil oleh pejuang ISIS.

Sejumlah serangan bom itu diklaim beberapa kelompok militan Suriah, termasuk ISIS. Mereka mengancam akan terus menyerang Hezbollah jika kelompok itu masih membantu rezim Suriah. Pada pertengahan April lalu, militer Suriah dan Hezbollah menguasai sebagian besar wilayah Qalamun. Namun, kelompok pemberontak, termasuk kelompok-kelompok militan, masih bertahan di kawasan pegunungan yang membatasi Suriah dan Lebanon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s