Jenderal Amerika Tewas Ditembak Tentara Afganistan


Seorang jenderal Amerika Serikat tewas ditembak dalam serangan yang diyakini dilakukan oleh seorang teroris berseragam tentara Afganistan pada Selasa, 5 Agustus 2014, di Universitas Pertahanan Nasional Marsekal Fahim di Kota Kabul. Mengutip laporan Reuters, yang ditembak adalah Mayor Jenderal Harold Greene, perwira senior yang bertugas atas perintah ISAF untuk militer internasional. Greene menjadi pejabat militer yang paling senior yang tewas dalam aksi di luar negeri sejak Perang Vietnam pada 1957.

Seorang pejabat AS menuturkan pria bersenjata itu menembaki tentara asing dengan menggunakan senapan mesin ringan. Kementerian Pertahanan Afganistan menggambarkan dia sebagai “teroris berseragam tentara”. Selain menewaskan Greene, serangan ini juga melukai sekitar selusin perwira lainnya, termasuk seorang jenderal Jerman. Saat serangan terjadi, jenderal AS dan Jerman tersebut tengah melakukan kunjungan rutin ke pusat pelatihan ini.

Para pejabat militer AS menuturkan terlalu dini untuk menyimpulkan apakah perwira tinggi telah secara khusus ditargetkan oleh penembak yang kemudian tewas dalam serangan tersebut.

Serangan itu menimbulkan pertanyaan baru tentang kemampuan tentara NATO melatih pasukan keamanan Afganistan setelah negara-negara Barat secara bertahap menarik diri dari wilayah tersebut. Banyak yang khawatir bagaimana bisa tentara NATO melatih tentara Afganistan jika tidak mampu melindungi dirinya sendiri.

Juru bicara Pemerintah Provinsi Nangarhar, Ahmad Zia Abdulzai, mengatakan kepada media, serangan bersenjata juga terjadi di markas kepolisian di sebelah timur Distrik Behsud. Pelaku serangan menggunakan mobil bom bunuh diri. “Pelaku meledakkan diri bersama mobil yang dikendarai ketika memasuki lapangan parkir. Adapun penyerangan lainnya masuk ke markas kepolisian dan menembaki petugas keamanan,” tutur Abdulzai. Serangan itu menyebabkan jatuh korban di kedua belah pihak, yakni polisi dan penyerang. Di samping itu, sedikitnya 25 tanki minyak dan truk logistik hangus terbakar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s