Tim Independen PBB Temukan Gudang Roket Hamas Di Sekolah dan Bangunan Sipil


Kelompok Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memberikan bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza menyatakan telah menemukan roket di dalam sebuah sekolah yang sudah tak beroperasi. Roket tersebut diduga kuat milik kelompok militan Hamas. Penemuan tersebut menimbulkan keluhan dan kekhawatiran bahwa Hamas menjadikan gedung bangunan sipil untuk menyembunyikan senjata ataupun meluncurkan roket selama perang dengan pasukan Israel. Menurut badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), roket yang diduga milik kelompok militan Hamas itu ditemukan di dua sekolah milik UNRWA yang sedang dipakai oleh 1.500 pengungsi Gaza.

Begitu roket ditemukan, seluruh karyawan UNRWA maupun pengungsi segera menarik diri dari kawasan tersebut. UNRWA mengecam insiden itu sebagai sebuah “pelanggaran terang-terangan” hukum internasional. “Badan ini akan segera memberitahu pihak berwenang dan sedang mencari semua kemungkinan tindakan untuk memindahkan objek tersebut dan menciptakan keamanan di sekolah,” demikian pernyataan PBB seperti dilansir Fox News, Rabu, 23 Juli 2014.

UNRWA, lanjut pernyataan PBB, akan melakukan investigasi menyeluruh yang berkaitan dengan insiden tersebut. Penemuan roket itu terjadi setelah Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menuduh kelompok militan Hamas menggunakan kawasan Shijaiyah di Kota Gaza sebagai “benteng senjata”. Pada Ahad kemarin, IDF merilis sekumpulan foto udara berupa gambar roket yang diluncurkan dari wilayah Shijaiyah. Foto-foto tersebut berisi bukti-bukti bahwa Hamas yang meluncurkan roket dari masjid, rumah sakit, taman bermain anak-anak, hingga tempat pemakaman umum.

Sebanyak 22.000 warga Gaza yang mengungsi menghindari serangan udara Israel berlindung di berbagai gedung sekolah yang dikelola PBB. Namun, sekolah tempat ditemukannya roket-roket itu tidak lagi digunakan untuk mengungsi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s