Supertopan Rammasun Telan Korban 14 Jiwa Di China


Supertopan Rammasun yang sebelumnya menghantam Filipina telah menewaskan sedikitnya 14 orang di Cina sebagai topan terkuat dalam empat dekade yang membawa hujan lebat ke sejumlah provinsi di selatan Cina. Menurut laporan Xinhua, Sabtu, 19 Juli 2014, lebih dari 1,3 juta orang di puluhan kota di pesisir selatan Provinsi Guangdong dan Hainan serta Daerah Otonomi Guagxi Zhuang terkena dampak dari topan ini.

Di Hainan, topan menghancurkan sekitar 51.000 rumah dan 40.600 hektare tanaman ini menyebabkan kerugian ekonomi lebih dari 4,7 miliar yuan atau sekitar Rp 8,7 triliun. Sedangkan di Kota Wenchang–tempat topan itu mendarat, lebih dari 90 persen bangunan roboh dan lebih dari 1.000 orang terjebak di peternakan Luodou akibat banjir air laut hingga tinggi orang dewasa.

Topan yang menewaskan 38 orang di Filipina ini membuat jaringan listrik, air, dan telekomunikasi rusak. Akses sejumlah jalan, bandara, dan pelabuhan menjadi tertutup, sehingga penyelamatan sulit dilakukan. Topan Rammasun yang pada awal pekan kemarin melanda Filipina bergerak terus ke arah Cina. Menurut Stasiun Meteorologi Provinsi Hainan, topan akan sampai di Provinsi Hainan di selatan Cina atau di wilayah pesisir Provinsi Guangdong pada Jumat, 18 Juli 2014.

Mengutip laporan Xinhua, Rammasun yang bergerak dengan kecepatan angin hingga 120 kilometer per jam ini tengah bergerak dari wilayah barat laut. Diperkirakan akan mendarat di Hainan dan Guangdong dengan kecepatan maksimum 140 kilometer per jam pada sore hari. Topan yang telah menewaskan 54 warga Filipina ini akan menjadi topan terkuat yang menghantam wilayah Hainan dalam 40 tahun terakhir. Pemerintah Hainan telah memerintahkan nelayan untuk kembali ke pelabuhan. Sejumlah penerbangan dan layanan kereta juga dibatalkan.

Menurut laporan televisi pemerintah, seperti dikutip Reuters, akses ke sebagian besar tempat wisata juga telah ditutup. Tak hanya itu, 30 ribu orang dari daerah pesisir dataran rendah juga diungsikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s