Pesawat Malaysia Airlines MH17 Ditembak Roket Di Ukraina


Pesawat milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines (MAS) dengan nomor penerbangan MH17 diroket dan jatuh di Ukraina. Pihak MAS langsung fokus untuk merespons hal-hal dari pihak berwenang dan yang darurat. Seperti dikutip dari malaysiaairlines.com, Jumat (18/7/2014), pihak MAS langsung memobilisasi dukungan penuh untuk menyediakan seluruh perhatian pada kerabat penumpang. MAS juga menerjunkan timnya yang disebut ‘Go Team’ menuju Amsterdam dengan sekelompok perawat dan juga relawan untuk mendampingi anggota keluarga dari para penumpang. Data mengenai jumlah korban yang sebelumnya tercatat ada 295 orang, kini bertambah menjadi 298 orang. Dalam rilis resmi yang disampaikan lewat akun twitter MAS, ada perubahan, khususnya dari penumpang yang belum terverifikasi. Jumlah WNI yang sebelumnya disebut 11, kini jadi 12 orang dengan satu bayi.

Berikut adalah nomor kontak yang bisa dihubungi untuk mengetahui perkembangan kejadian tersebut:

1. Untuk keluarga penumpang dan kru: +603 7884 1234 (Malaysia) atau +31703487770 (Belanda).

2. Untuk media +603 8777 5698/ +603 8787 1276.

Selain itu, website resmi http://www.malaysiaairlines.com juga akan terus memperbarui informasi mengenai kejadian tersebut.

Perdana Menteri separatis pro Rusia yang berada di Ukraina, Alexander Borodai, tiba di lokasi jatuhnya pesawat MH17. Dia dikawal pria bersenjata lengkap yang berbadan tegap. Dari foto yang dilansir AFP, Jumat (17/7/2014), Borodai tampak sibuk menelepon saat berada di lokasi. Dia mengenakan celana jeans, kaos hitam dan jas berwarna biru. Seluruh pasukan, termasuk Borodai, siaga penuh saat berada di lokasi.

Borodai memproklamirkan dirinya sebagai pemimpin Republik Rakyat Donetsk. Ini adalah sebuah negara pro Rusia yang mendeklarasikan diri di kawasan Ukraina Timur. Posisinya berada di perbatasan dengan Ukraina, Rusia dan Republik Rakyat Luganks. Negara itu dideklarasikan 7 April lalu yang awalnya dari demonstrasi menduduki gedung pemerintahan. Kelompok yang dipimpin Borodai sebetulnya sudah dilarang sejak tahun 2007 di Ukraina, bahkan pernah disebut kelompok teroris.

Malaysia Airlines MH17 jenis Boeing 777 jatuh ditembak roket di Ukraina saat terbang dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Akibat kejadian itu, pihak Malaysia Airlines (MAS) langsung mengalihkan rute seluruh rute penerbangannya di Eropa. Seperti dikutip dari keterangan pers melalui website resmi malaysiaairlines.com, Jumat (18/7/2014), rute biasa yang sebelumnya dinyatakan aman oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Selain itu, Asosiasi Transportasi Udara Internasional juga telah menyatakan jika wilayah penerbangan di mana pesawat MH17 itu melintas bukanlah daerah yang perbatasan yang berbahaya.

Data mengenai jumlah korban yang sebelumnya tercatat ada 295 orang, kini bertambah menjadi 298 orang. Dalam rilis resmi yang disampaikan lewat akun twitter MAS, ada perubahan, khususnya dari penumpang yang belum terverifikasi. Jumlah WNI yang sebelumnya disebut 11, kini jadi 12 orang dengan satu bayi.

Berikut data penumpang dan kru yang disampaikan MAS terakhir:

Belanda: 154 orang
Malaysia: 43 (termasuk 15 kru dan 2 bayi)
Australia: 27 orang
Indonesia: 12 ( termasuk satu bayi)
Inggris: 9 orang
Jerman:4 orang
Belgia: 4 orang
Filipina: 3 orang
Kanada: 1 orang
Belum terverifikasi: 41 orang

Total: 298 orang

Seorang pemuda asal Belanda yang menumpang MH17 sempat memposting foto bodi pesawat sebelum terbang. Dia bahkan bercanda di dalam caption fotonya tentang kemungkinan pesawat itu hilang. “If it should disappear, this is what it looks like (jika memang hilang, ini bentuk pesawatnya),” tulis pemuda bernama Cor Pan terse but di situs facebooknya, seperti dikutip dari AFP, Jumat (18/7/2014). Cor Pan disebut hendak liburan ke Malaysia. Diduga, dia memajang foto itu untuk menyindir insiden sebelumnya yang terjadi pada pesawat MH370 yang hilang dan kini belum ditemukan.

Belum ada konfirmasi resmi soal keberadaan Cor di dalam pesawat dari otoritas resmi. Namun foto pesawat yang diambil oleh Cor, menunjukkan dia berada di gerbang tempat pesawat itu parkir untuk menunggu penumpang. Sejumlah rekannya di facebook, juga sudah mengirim ucapan belasungkawa. Foto tersebut juga sudah dishare lebih dari 10 ribu kali di media sosial. “Ini tidak mungkin!” kata Alicia de Boer, rekannya.

ebanyak 154 warga negara Belanda terdaftar sebagai penumpang MH17 yang jatuh ditembak roket di wilayah perbatasan Ukraina-Rusia. Akibat peristiwa tersebut, pemerintah Belanda menyatakan hari berkabung nasional dan memerintahkan mengibarkan bendera setengah tiang. Seperti yang dilansir dari Reuters, Jumat (18/7/2014), peristiwa tersebut dinilai sebagai bencana udara terburuk dalam sejarah Belanda. Bahkan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menyatakan hari tersebut sebagai hari yang kelam bagi Belanda.

“Seluruh Belanda berkabung,” ujar Mark Rutte di Bandara Schiphol setelah menyela liburan musim panasnya. “Hari musim panas yang indah ini telah berakhir dengan cara yang paling hitam,” tambahnya. 12 WNI juga termasuk dalam daftar penumpang pesawat nahas tersebut. Selain itu ada 27 warga Australia, 23 warga Malaysia, 6 warga Inggris, 4 warga Jerman, 4 orang Belgia, 3 warga Filipina dan 1 Kanada. Serta masih ada beberapa yang belum terdata.

Pesawat tersebut mengangkut 283 penumpang dari berbagai negara. Selebihnya 11 awak kabin, 2 kapten dan 2 petugas penerbangan yang semuanya warga negara Malaysia. Pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di perbatasan Ukraina-Rusia akibat ditembak roket. Kementerian Luar Negeri Indonesia menginstruksikan Dubes RI di Den Haag dan Kuala Lumpur untuk mencari informasi mengenai korban WNI di dalam pesawat tersebut. Informasi itu nantinya akan segera dilaporkan ke Presiden SBY.

Menlu RI Marty Natalegawa dalam keterangan persnya menyampaikan rasa keprihatinan terkait peristiwa jatuhnya pesawat jenis Boeing 777 itu. “Pemerintah Republik Indonesia mengikuti berita tentang jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dengan penuh keprihatinan,” ungkapnya, Jumat (18/7/2014).

“Diduga kuat terdapat sejumlah penumpang WNI dalam pesawat Malaysia Airlines. Namun hal ini sedang dalam proses konfirmasi. Indonesia turut duka cita sangat mendalam atas musibah ini. Bapak Presiden RI akan mengeluarkan pernyataan resmi petang ini,” kata Marty. Berdasarkan jumpa pers di Bandara Schiphol, Amsterdam, WNI yang menjadi korban tewas sebanyak 11 orang.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut kalau ada kedamaian di Ukraina maka tragedi penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 tidak seharusnya terjadi. Dia menyindir konflik antara militer Ukraina dengan para separatis menjadi penyebab yang harus disalahkan.

“Tragedi ini tidak akan terjadi, jika ada perdamaian di tanah itu. Dalam hal apapun, jika operasi militer di tenggara Ukraina belum diperbarui,” kata Putin seperti dikutip CNN, Jumat (18/7/2014). Dengan tragedi ini, Putin pun melihat ada sisi yang harus dipikul pemerintah Ukraina. “Tanpa keraguan, pemerintah memikul tanggung jawab atas tragedi menakutkan ini,” ujarnya.

Namun, justru sebaliknya kalau pejabat Ukraina menuding jika separatis pro Rusia yang berada di balik tragedi mengenaskan ini. Kepala Keamanan Ukraina Valentyn Nalyvaichenko menuduh dua perwira intelijen militer Rusia terlibat dalam tragedi ini dan perlu dihukum karena kejahatannya. Hal ini menurutnya berdasarkan bukti penyadapan percakapan telepon. “Sekarang Anda tahu yang melakukan kejahatan ini. Kami akan melakukan segalanya untuk yang melakukan kejahatan ini harus dihukum,” sebutnya.

Seperti diberitakan, MH17 jenis Boeing 777 terbang dari Amsterdam, Belanda menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Penerbangan ini membawa 280 penumpang dan 15 kru pesawat. Pesawat nahas itu dikabarkan ditembak dengan roket dan semua penumpang di dalamnya dinyatakan tewas pada Kamis (17/7/2014). Belum diketahui pihak yang bertanggung jawab terkait penembakan pesawat sipil dengan total 295 penumpang itu.

Hingga kini, belum ada rilis nama-nama penumpang dan kru pesawat Malaysia Airlines MH17 yang diroket di kawasan Ukraina. Namun informasi tentang para penumpang sudah ada yang diinformasikan kerabat dan kolega. Salah satunya seorang staf WHO bernama Glenn Thomas. Kolega Thomas di WHO, Haileyesus Getahun, memastikan rekannya tersebut berada di pesawat MH17. Thomas dijadwalkan terbang ke Melbourne, Australia, untuk mengikuti konferensi AIDS.

“Saddened to learn that my friend and @WHO staff who was traveling to @AIDS_conference to Melbourne was on flight #MH17. RIP #Glenn Thomas,” demikian isi twit Haileyesus, yang menjabat sebagai koordinator TB Program di WHO tersebut, Jumat (18/7/2014). Menurut Haileyesus, ada sejumlah staf WHO lainnya di pesawat. Namun dia tidak merinci nama-nama mereka. Konferensi AIDS di Australia 20-15 Juli mendatang. Salah seorang rekan Thomas, Dr Baggaley yang sudah tiba di Melbourne sangat sedih mendengar peristiwa ini. “Dia baru saja merayakan ulang tahunnya. Kami berencana untuk melakukan perayaan di sini,” tutut Baggaley.

Puing-puing pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 berserakan di daratan usai pesawat tersebut ditembak jatuh roket di wilayah Ukraina. Kotak hitam pesawat yang menjadi kunci penting dalam insiden ini, telah dibawa ke Moskow, Rusia untuk dianalisis. Radio Rusia, Kommersant FM, seperti dilansir Daily Beast, Jumat (18/7/2014), melaporkan bahwa kotak hitam MAS MH17 telah ditemukan dan kini dalam perjalanan ke Moskow.

Sedangkan versi media lainnya, Reuters, melaporkan bahwa separatis pro-Rusia telah menemukan kotak hitam pesawat. Tidak jauh berbeda, media Rusia lainnya, Interfax, juga menyebut kelompok separatis pro-Rusia yang memiliki kotak hitam tersebut.

Berbicara dengan Konstantin Knyrik, selaku kepala pusat informasi yang menghubungan ‘South-Eastern Front’ di Ukraina, disebutkan bahwa rekaman data pesawat telah ditemukan dan telah diserahkan kepada ahli. Tidak disebutkan lebih jelas ahli yang dimaksud. Artikel Interfax tersebut juga mengklaim bahwa Wakil Perdana Menteri pro-Rusia Andriy Purgin menjanjikan akan mengirimkan rekaman data pesawat MH17 ke Moskow segera setelah menemukan kotak hitam.

Apapun informasi yang beredar di publik, belum ada foto kredibel yang menunjukkan kotak hitam MAS MH17 telah ditemukan. Laporan-laporan soal kotak hitam tersebut juga belum mendapat konfirmasi dari otoritas resmi, baik Ukraina maupun Rusia, serta pihak MAS sendiri. Kotak hitam MAS MH17 memegang informasi penting terkait detik-detik terakhir sebelum pesawat jatuh. Kini, baik Rusia maupun Ukraina masih saling tuding soal roket siapa yang menjatuhkan pesawat tersebut.

Apapun itu, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengingatkan bahwa temuan apapun terkait MH17 tidak seharusnya dipindahkan secara sepihak. PM Najib juga meminta agar tim internasional mendapat akses penuh ke lokasi kejadian. “Seluruh tim internasional harus mendapat akses penuh ke lokasi jatuhnya pesawat. Dan tidak ada satu pun pihak yang bisa mengintervensi area tersebut, atau memindahkan puing-puing, termasuk kotak hitam,” tegasnya seperti dilansir Sydney Morning Herald.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s