Dalam Satu Jam, Selandia Baru Diguncang Tiga Gempa


Tiga gempa bumi mengguncang Lautan Teduh selatan, tepatnya di sebelah tenggara Pulau Raoul, Selandia Baru, pada Selasa pagi, 24 Juni 2014. Untungnya, tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa. Menurut laporan CNN, dua buah gempa menghantam dengan selang waktu hanya satu menit. Gempa pertama berkekuatan 6,9 skala Richter dan yang kedua 6,3 skala Richter. Sebelumnya, Survey Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa pertama berkekuatan 7,2 SR, tapi kemudian diturunkan jadi 6,9 SR.

Jelang 45 menit kemudian, gempa ketiga datang. Kali ini skala gempa lebih kecil, yakni sekitar 6,2 SR. Ketiga gempa ini berada di dekat tepi timur lempeng tektonik Australia. Menurut USGS, lokasi ini merupakan salah satu daerah seismik paling aktif di dunia.

Ketiga gempa berada di kedalaman 12 kilometer dan terjadi di sekitar 50 kilometer sebelah tenggara Pulau Raoul.Sebuah gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter mengguncang sisi timur Jepang pada Sabtu pagi, 12 Juli 2014. Gempa ini menimbulkan tsunami kecil dengan ketinggian gelombang mencapai 20 sentimeter.

Namun, menurut laporan Badan Meteorologi Jepang, tidak ada kerusakan serius di sepanjang pantai timur Jepang, tepatnya di Ishinomaki, Prefektur Miyagi, yang sempat rusak akibat tsunami pada Maret 2011 lalu. Menurut laporan Reuters, pembangkit nuklir di Fukushima Daiichi juga tidak mengalami kerusakan. Dari skala seismik 1 sampai 7, gempa ini terdaftar dalam kategori 4, demikian kata ahli.

Perintah evakuasi sempat diberikan di beberapa kota di pesisir wilayah tersebut. “Namun, perintah ini kemudian dibatalkan tak lama setelah bahaya tsunami dicabut,” kata pejabat. Sebelum gempa ini terjadi, Badan Meteorologi Jepang memberitahukan potensi gempa dan tsunami yang disiarkan stasiun TV. Gempa ini diperkirakan berasal dari gempa “susulan” dari gempa berkekuatan 9 Skala Richter pada 2011 lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s