Cucu Sultan Johor Terseret Kasus Pembunuhan Model Estonia


Tunku Alang Reza Tunku Ibrahim, kerabat keluarga Kesultanan Johor, ditangkap polisi Diraja Malaysia dalam kasus tewasnya seorang model asal Estonia. Sang model, Regina Soosalu, yang juga merupakan kekasih Tunku Alang, ditemukan tewas di Pulau Rawa, Malaysia.

The Star melaporkan pria 28 tahun ini dijemput oleh polisi kemarin dan akan ditahan selama tujuh hari ke depan. Bersamanya, diamankan pula tujuh tersangka lainnya. Jenazah Soosalu ditemukan di pantai Pulau Rawa pada tanggal 1 Juli. Polisi menyatakan otopsi masih dilakukan untuk mengungkap sebab kematiannya. Dia diduga tewas karena tenggelam, tapi di tubuhnya ditemukan beberapa luka.

Media itu juga melaporkan Soosalu dan Tunku Alang Reza pernah terlibat dalam kasus obat-obatan awal tahun ini dan didakwa di Pengadilan Magistrate pada tanggal 12 Mei. Mereka didakwa atas kepemilikan 5,84 gram ganja. Pasangan itu mengaku tidak bersalah dan dibebaskan setelah membayar total 7.000 ringgit Malaysia sebagai uang jaminan.

Berkabung atas kematiannya, sebuah situs berita Estonia menayangkan video klip selama dua menit yang dibuat oleh Vision Studio berjudul Mengingat Regina. Dalam klip itu, ia berbicara tentang hidup dan harapannya di Malaysia. Dalam video tersebut, Soosalu berbicara tentang betapa hangatnya Malaysia. Namun ia mengatakan tidak yakin apakah dirinya akan tetap tinggal di Malaysia secara permanen.

Sumber yang dekat dengannya mengatakan ia biasanya menghabiskan waktu senggangnya di Pulau Rawa dan Mersing. Di pulau itu, keluarga kekasihnya mengelola bisnis wisata dengan bendera Alang Resort. Tunku Alang Reza adalah cucu dari Almarhum Tunku Muhammad Archibald Almarhum Tunku Temenggong Ahmad, sepupu pertama mantan penguasa Johor Sultan Iskandar Ibni Almarhum Sultan Ismail.

Kepolisian Malaysia, Kamis (10/9/2014), mengatakan telah menahan tujuh orang yang diduga terkait dalam pembunuhan seorang model asal Estonia, Regina Soosalu. Jasad model paruh waktu Regina Soosalu ditemukan di pantai sebuah Pulau Rawa di lepas pantai Malaysia timur pekan lalu. Awalnya, Regina diduga tewas karena tenggelam. Namun, kemudian polisi menemukan bekas luka di tubuhnya dan kemudian menyelidiki kematian perempuan cantik ini sebagai sebuah kasus pembunuhan.

Direktur Investigasi Kepolisian Johor, Hasnan Hassan, mengatakan, tujuh orang yang ditahan itu kini masih diperiksa dan dia menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut. Faris Waris dari Tangerine Models mengatakan, agensinya sudah beberapa kali bekerja dengan Regina yang selama tiga tahun terakhir kerap bolak-balik ke Malaysia. “Dia adalah salah satu model paling top di negeri ini. Kami sangat terkejut (mendengar kematiannya),” kata Faris.

Regina dikabarkan berada di Pulau Rawa bersama kekasihnya yang merupakan anggota keluarga kerajaan Johor. Kekerasan terhadap turis dan ekspatriat di Malaysia jarang terjadi. Namun, dalam waktu tak terlalu lama, terjadi dua kasus tewasnya wisatawan asing. Kepolisian Malaysia saat ini juga tengah menyelidiki kematian seorang turis Inggris yang jasadnya ditemukan di Pulau Tioman bulan lalu setelah hilang saat menjelajah hutan.

Pada Rabu (9/7/2014), sebuah pengadilan Malaysia menjatuhkan hukuman penjara untuk seorang penjaga toko yang membunuh seorang turis asal Perancis di Pulau Tioman pada 2011. Kepolisian Malaysia, Kamis (10/7/2014), memulai penyelidikan pembunuhan setelah mayat seorang model asal Estonia yang diduga merupakan kekasih seorang pangeran dari kesultanan Johor ditemukan di sebuah pantai.

Jenazah Regina Soosalu, nama model itu, ditemukan beberapa hari lalu di Pulau Rawa, sebuah pulau yang dimiliki keluarga kesultanan Johor. Polisi awalnya menduga model ini meninggal karena tenggelam. Namun, polisi kemudian mengklasifikasi kembali kasus ini sebagai pembunuhan setelah ditemukannya luka-luka yang mencurigakan di tubuhnya.

Kepala Kepolisian Johor Datuk Hashnan Hassan mengatakan, Soosalu meninggal pada hari kedatangannya di Pulau Rawa. Dia mengatakan, enam orang telah ditahan dalam investigasi, tetapi polisi tidak dapat mengungkapkan waktu tepat kejadian dan bagaimana terjadinya pembunuhan itu. “Kami memerlukan lebih banyak waktu, tetapi kami dapat memastikan bahwa penyelidikan sedang dilakukan,” kata Hassan. Hassan mengatakan, kekasih sang model itu tidak termasuk dalam enam orang yang ditangkap.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s