Tata Cara Penghancuran Senjata Kimia


Pemindahan senjata kimia Suriah dari kapal kontainer Denmar ke kapal Amerika Serikat telah selesai pada Rabu lalu di sebuah pelabuhan di Italia. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan proses pembuangan senjata nuklir tersebut menandai puncak program pembersihan cadangan senjata kimia Suriah.

Pembersihan ini dianggap penting setelah rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia untuk menyerang pengunjuk rasa yang menentangnya di pinggiran Kota Damaskus pada 23 Agustus 2013. Sekitar 1.400 orang tewas dalam serangan tersebut.

“Transfer bahan kimia Suriah dari kapal kontainer Denmark, Ark Futura, ke kapal motor Cape Ray telah selesai,” kata Sekretaris Bidang Pers Departemen Pertahanan Amerika Serikat Laksamana John Kirby, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis, 3 Juli 2014. Proses netralisasi akan membutuhkan waktu beberapa minggu.

Pemindahan ratusan ton gas mustard dan bahan-bahan pembuat gas sarin dari kapal Denmark tersebut dikawal ketat oleh pejabat Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPWC), penjaga pantai Italia, dan helikopter militer. Kirby menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel kepada otoritas Denmark dan Italia yang membantu pemindahan tersebut. “Sekretaris Hagel berterima kasih atas dukungan keduanya dalam proses ini dan sangat bangga dengan kinerja orang-orang yang membantu keberhasilan pemindahan ini,” ujar Kirby.

Lebih dari 1.300 metrik ton bahan kimia berbahaya, termasuk gas mustard dan komponen bahan pembuat bahan kimia lainnya, dipindahkan dari kapal Denmark ke sebuah kapal laut Amerika Serikat di Pelabuhan Gioia Tauro, Italia.

Jenderal Phillip M. Breedlove dari Angkatan Udara Amerika Serikat mengatakan kapal akan transit di perairan internasional untuk menetralisir bahan kimia dengan cara yang aman dan ramah lingkungan. Proses pemindahan ini diperkirakan akan selesai dalam waktu sekitar dua bulan.

Proses pemusnahan senjata kimia Suriah tersebut didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat, dan Rusia sejak September tahun lalu. Pemusnahan senjata kimia Suriah ini juga diharapkan bisa mengakhiri perang saudara berkepanjangan yang terjadi di negara Timur Tengah itu. erman menyatakan akan membantu menghancurkan persediaan bahan kimia Suriah sebagai bagian dari upaya internasional untuk membebaskan dunia ini dari gas beracun dan gas saraf. “Para ahli Jerman berada di situs dekat Hamburg untuk menyingkirkan zat kimia sisa hasil penghancuran,” kata Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen, Kamis, 9 Januari 2014.

Suriah dikabarkan memiliki 1.300 ton senjata kimia yang berada di 23 situs. Penghancuran senjata kimia itu akan dilakukan di atas kapal di laut lepas. Tahap pertama, bahan kimia beracun itu akan diangkut menggunakan kapal Kargi Denmark di Pelabuhan Latakia, Suriah, dan dikirim menuju perairan internasional. Leyen mengatakan, zat akan dibakar di fasilitas yang didanai pemerintah di Munster atas permintaan Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia. “Kami akan membantu,” katanya.

Sebelumnya, beberapa negara juga menyatakan komitmennya akan ikut mengambil peran penghancuran senjata kimia milik Suriah ini. Rusia akan mengirimkan kapal perang. Kremlin telah menyediakan 50 truk dan 15 kendaraan lapis baja untuk membantu pengangkutan senjata kimia. Amerika Serikat menyediakan beberapa ribu kontainer yang dilengkapi alat pelacak untuk memonitor rute senjata kimia setiap saat. Kapal pengangkut Cape Ray akan diturunkan.

Adapun Cina menawarkan kamera pengawas dan 10 ambulans untuk membantu misi OPCW dan mengirim sebuah kapal perang. Tim tanggap darurat senjata kimia Finlandia siap maju apabila kapal kehilangan muatan atau terjadi bencana alam. Inggris setuju menghancurkan 150 ton bahan kimia kelas industri di sebuah fasilitas komersial Suriah. Puluhan negara turut menyumbang dana untuk menutup biaya program pelucutan. Uni Eropa memberi 12 juta euro. Sementara Jerman menambah 3 juta euro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s