World View Enterprises Hadirkan Tamasya Ke Luar Anggkasa Dengan Balon Udara


Perusahaan turisme luar angkasa dari Arizona sukses melakukan uji coba penerbangan balon udara tertinggi. World View Enterprises menerbangkan balon yang dilengkapi kapsul penumpang hingga melayang pada ketinggian 20 mil atau sekitar 32 kilometer. Dari ketinggian ini lekuk planet bumi bisa terlihat lebih jelas.

Uji coba balon udara ini menjadi bagian dari rencana pengembangan tur wisata ke atmosfer tinggi bumi pada 2016. Balon udara tersebut diluncurkan dari Roswell, New Mexico.

Presiden Direktur Jane Poynter mengatakan sistem balon udara mereka memecahkan rekor penerbangan tertinggi dengan menggunakan parafoil. “Semuanya berjalan sangat baik, kami sangat terkesan,” kata Poynter, Kamis, 26 Juni 2014.

Perusahaan itu menggunakan sistem balon serupa dengan yang mereka pakai pada 2012 untuk mengangkut penantang maut asal Austria, Felix Baumgartner. Saat itu dia berhasil membuat rekor dunia meluncur bebas di angkasa dari ketinggian 38 kilometer. Balon yang membawa Baumgartner juga berangkat dari Roswell.

Pekan lalu mereka melakukan uji coba perangkat penerbangan. Balon yang digunakan hanya sepertiga dari ukuran sesungguhnya untuk membawa penumpang. World Views Enterprises berencana untuk menjual penerbangan ekstrem itu pada 2016 dengan biaya US$ 75 ribu atau sekitar Rp 907 juta per penumpang.

Balon nantinya akan membawa kapsul yang bisa diisi enam penumpang dan dua kru hingga ketinggian 32 kilometer. Di ketinggian itu mereka akan melayang sekitar dua jam lalu kembali ke bumi. Kapsul yang dibawa dibuat cukup besar sehingga para penumpang bisa berjalan-jalan di dalamnya. Melihat pemandangan dan lekuk planet bumi dari tempat setinggi itu tentu akan menjadi pengalaman menarik yang didapat penumpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s