Rusia Akan Larang Perempuan Pakai Sepatu Hak Tinggi


Penampilan para perempuan Rusia bisa jadi akan berubah jika usulan seorang politisi pro-Kremlin, yaitu diberlakukannya larangan sepatu hak tinggi, disetujui.

Oleg Mikheyev, nama politisi itu, mengatakan, sepatu hak tinggi termasuk juga sepatu balet dan sepatu kasual pria tak baik untuk kesehatan dan sudah saatnya melakukan sesuatu untuk “melawan” hal-hal ini.

“Alas kaki hanya boleh memiliki hak setinggi dua atau empat sentimeter dan maksimal lima sentimeter,” demikian salinan proposal itu yang diterima AFP.

“Efek merusak menggunakan sepatu dengan hak sangat tinggi dan sepatu beralas datar sudah diketahui para pakar di seluruh dunia. Sehingga, perlu kiranya mengubah tren ini,” demikian isi proposal setebal lima halaman itu.

Perempuan Rusia dikenal lebih mengedepankan kecantikan dan keindahan ketimbang kenyamanan. Mereka bahkan tetap mengenakan sepatu dengan hak supertinggi saat jalanan licin diselimuti es pada musim dingin.

Berbicara kepada AFP, Mikheyev mengatakan, usulannya itu diajukan lebih untuk menumbuhkan pemahaman ketimbang mengejar penerbitan sebuah larangan.

Dia mengatakan, dengan proposalnya itu sebenarnya dia sangat menyayangi perempuan Rusia dan ingin melindungi mereka dari bahaya sepatu hak tinggi. “Mereka masih muda dan tak memikirkan hak-hak seperti itu,” kata Mikheyev.

Namun, dengan mengajukan proposal itu, Mikheyev harus menanggung akibatnya. Salah satunya adalah dimusuhi rekan-rekan kerja perempuannya. “Rekan-rekan perempuan saya sudah setengah hari ini tak menyapa saya,” ujar Mikheyev.

Meski baru sebatas proposal, ternyata usulan Mikheyev itu sudah memicu kontroversi di Rusia dan para perempuan Rusia mengatakan tetap akan memakai sepatu hak tinggi meski nantinya akan dilarang.

“Usulan itu adalah serangan terhadap kebebasan dan urusan pribadi saya. Saya cinta sepatu hak tinggi karena keren,” kata Maria Larionova (31), warga Moskwa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s