CIA Sempat Ciptakan Boneka Mata Iblis Osama Bin Laden


Selama lebih dari satu dekade CIA mengerahkan sejumlah drone (pesawat tanpa awak), satelit, agen mata-mata, informan dan perangkat pelacak untuk mengalahkan Al Qaeda di Pakistan.

Namun CIA mengungkapkan, pada suatu ketika lembaga itu pernah mempertimbangkan untuk menciptakan dan menggunakan jenis senjata yang sangat berbeda dalam perang melawan terorisme, yaitu boneka. Boneka tersebut berupa sosok Osama bin Laden dengan wajah seperti iblis.

Lembaga mata-mata itu mulai secara diam-diam membuat boneka Osama pada 2005, sebagaimana pertama kali dilaporkan harian Washington Post, Kamis (19/6/2014), dan menggunakan bantuan dari mantan kepala perusahaan mainan Hasbro, Donald Levine. Levine telah membantu mengembangkan sosok GI Joe (tentara AS).

Rencana yang diusulkan CIA, menurut laporan Washington Post, adalah untuk menghasilkan sejumlah boneka, dengan wajah merah cerah dan mata hijau seram dan membagi-bagikannya kepada anak-anak di Afganistan dengan harapan hal itu membuat mereka berpaling dari pemimpin Al Qaeda tersebut. Di kalangan para pelaksana proyek itu, boneka tersebut diberi julukan “Mata Iblis”.

Namun CIA membatalkan rencana itu setelah meninjau tiga prototipe boneka tersebut, kata juru bicara CIA kepada CNN.

“Ide sosok itu diusulkan dan ditolak CIA sebelum sempat melewati tahap prototipe,” kata Dean Boyd, juru bicara CIA. “Sepengetahuan kami, hanya ada tiga sosok individu yang pernah diciptakan dan itu semata-mata untuk menunjukkan seperti apa produk finalnya akan terlihat. Setelah dipresentasikan dengan contoh-contoh itu, CIA menolak untuk melanjutkan ide tersebut dan tidak memproduksi atau mendistribusikan sosok itu. Selanjutnya, CIA tidak tahu apakah sosok itu pernah diproduksi atau didistribusikan oleh orang lain.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s