Australia Bolehkan Pilot Buta Warna


Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia (CASA) menyatakan pihaknya tidak akan mencabut izin terbang para pilot yang mengalami gangguan buta warna.

Pernyataan ini disampaikan juru bicara CASA Peter Gibson menjawab kabar mengenai kemungkinan mencabut izin pilot yang menderita buta warna.

Kabar itu sendiri merebak setelah CASA mengirim surat resmi ke 500 pemegang izin penerbangan dan 900 pilot pada 5 Juni lalu. Isi surat itu menyatakan kemungkinan CASA akan meninjau riset terbaru mengenai buta warna.

Dalam surat itu, manager perizinan CASA Peter Fereday mendorong operator penerbangan untuk “mempertimbangkan keamanan jika pilot (buta warna) tetap diizinkan menjalankan tugas-tugasnya”.

Namun Rabu (18/6/2014) ini, juru bicara CASA Peter Gibson mengatakan perubahan itu mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk diterapkan. “Para pilot dengan gangguan buta warna tidak perlu khawatir,” katanya.

“Kami tidak akan mencabut izin mereka, tidak akan menambah aturan bagi pilot. Kami hanya mengatakan, ada informasi baru yang mungkin perlu dipertimbangkan,” katanya.

Pilot buta warna bukan menjadi masalah di Australia sejak lebih dua dekade terakhir. Namun menurut Dr Arthur Pape, pakar kesehatan penerbangan yang juga seorang pilot buta warna, mengaku khawatir dengan review yang akan dijalankan CASA.

“Mereka sangat agresif dan tidak berdasarkan bukti-bukti,” katanya.

Riset dimaksud dijalankan oleh petugas kesehatan Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Selandia Baru, Dougal B. Watson, terhadap 78 negara.

Riset ini menemukan, meski International Civil Aviation Organisation (ICAO) mensyaratkan para pilot “untuk memiliki kemampuan menafsirkan warna demi tanggung jawab keamanan penerbangan”, namun gterdapat sejumlah variasi di berbagai negara dalam penerapannya.

Menurut data CASA, dari sekitar 36 ribu pilot di Australia, 400 di antaranya mengalami buta warna, 140 di antaranya merupakan pilot pesawat komersial.

One response to “Australia Bolehkan Pilot Buta Warna

  1. Pilot buta warna ????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s