Thailand Dan Jepang Dilanda Gempa Bersamaan Berkekuatan 6.1 Ritcher


Gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang wilayah utara Thailand. Guncangan terasa hingga pusat kota Bangkok. Gedung-gedung pencakar langit di kota itu bergoyang-goyang untuk beberapa detik. Seperti yang dilansir oleh AFP, Senin (5/5/2014), gempa terjadi sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Kedalaman gempa berada di 7,4 Km dan berada 27 Km dari kota pegunungan Chiang Rai. Pejabat setempat langsung mengeluarkan peringatan kepada penduduk Chiang Rai untuk mewaspadai gempa susulan.

“Ini adalah gempa paling kuat yang menyerang dalam beberapa kali. Ada lima gempa susulan sejauh ini, dan orang-orang dalam radius 150 kilometer dari pusat gempa di distrik Phan harus diperingatkan,” kata Burin Wechbunthung, seismolog departemen meteorologi setempat. Tidak ada laporan kerusakan skala besar akibat peristiwa ini. Namun banyak bangunan yang mengalami retak-retak pada bagian tembok. Jendela toko-toko pecah dan ada kerusakan jalan.

Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Tokyo, Senin, 5 Mei 2014, pukul 05.18 waktu setempat. Pusat gempa terlacak di kedalaman 160 kilometer bawah laut di dekat Pulau Izu Oshima, selatan Tokyo. Namun gempa ini tidak memunculkan bahaya tsunami, tapi diperkirakan menimbulkan banyak kerusakan.

Gempa ini dirasakan hampir di seluruh wilayah Jepang, dengan getaran terkuat terdaftar di pusat Kota Tokyo. Menurut laporan Tokyo Fire Department, 17 orang dan beberapa lainnya terjatuh saat jalan yang mereka pijak bergoyang kencang, tapi belum jelas rincian lainnya.

Sementara itu, NHK melaporkan layanan trasnportasi seperti kereta api sempat mengalami keterlambatan. Hingga saat ini, polisi tengah memberlakukan pembatasan kecepatan kendaraan di sejumlah jalan protokol sebagai langkah pengamanan. NHK melaporkan, gempa ini termasuk yang cukup besar di Jepang. Namun gempa berkekuatan 9,0 skala Richter pada 2011 adalah yang terkuat sepanjang sejarah dan memicu tsunami dengan menewaskan 18.500 orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s