PM Australia Tony Abbott Tunda Kunjungan Ke Indonesia


Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott menunda tandangnya ke Indonesia pada Sabtu (3/5/2014) di tengah laporan-laporan ihwal masih belum adanya kata sepakat soal para pencari suaka ke Negeri Kanguru itu. Menurut warta AFP , kantor PM Abbott mengonfirmasi bahwa perjalanan Abbott ke Bali pada Selasa (6/5/2014) untuk bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono batal.

“PM Abbott berharap bisa datang pada pertemuan Kemitraan Pemerintahan Terbuka di Bali pada pekan depan atas undangan Presiden Yudhoyono. Sayangnya, PM Abbott tidak bisa hadir dalam kesempatan itu,” kata pernyataan kantor PM Abbott.

Sejatinya, andai terwujud, kunjungan Abbott adalah perjalanan kali pertama setelah hubungan kedua negara sejak November tahun silam terganjal oleh informasi penyadapan telepon pada 2009 yang melibatkan Presiden Yudhoyono, istri, dan lingkaran terdekatnya.

Pembatalan kunjungan tersebut mendapat kritik dari partai oposisi Australia, Partai Hijau dan Partai Buruh. Menurut kedua partai itu, adalah hal ironis kalau PM Abbott memilih tidak hadir di Bali. “PM Abbott juga tidak menjelaskan alasannya kepada kami,” demikian pernyataan bersama kedua partai oposisi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s