Makan Panda dan Monyet Kini Dilarang Di China


Cina akan menjerat para penikmat makanan hewan langka dengan hukuman penjara. Menurut laporan media pemerintah, hukuman ini diterapkan untuk melindungi habitat di alam liar yang semakin lama jumlahnya selalu berkurang.

Untuk mendukung rencana ini, Cina sudah mendaftarkan 420 spesies yang termasuk golongan langka atau terancam punah, termasuk panda, monyet emas, beruang hitam Asia, dan trenggiling. Peraturan ini juga akan berlaku untuk semua hewan yang terancam akibat perburuan liar, perusakan lingkungan, dan konsumsi bagian hewan tertentu untuk alasan obat.

“Memakan hewan liar yang langka tidak hanya sebagai perilaku sosial yang buruk, tapi juga merupakan alasan utama mengapa perburuan liar semakin banyak dan tidak berhenti meski sudah ada larangan tegas,” kata Lang Sheng, Wakil Kepala Parlemen Urusan Legislatif Komisi, menurut laporan Xinhua, Kamis, 24 April 2014.

Konsumsi hewan langka memang meningkat secara signifikasn setelah sebagian warga negara disebut sudah “kaya raya”. Menurut laporan, setiap warga Cina bahkan dipercaya mampu menghabiskan ribuan yuan untuk mengonsumsi hewan langka tersebut.

Hukum diharapkan akan memberikan efek jera bagi pemburu liar yang tindakannya dianggap sebagai kejahatan dengan hukuman maksimal tiga tahun penjara. Bagi konsumen akan dikenakan hukum yang lebih berat dengan ancaman penjara selama minimal 10 tahun. “Karena pembeli adalah motivator utama dari perburuan liar skala besar,” kata Lang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s