Pemerintah Kota Paris Larang Warga Pakai Mobil Karena Sebabkan Polusi


Pemerintah Kota Paris melarang mobil berlalu lalang pada Senin, 17 Maret 2014 mulai pukul 05.30. Mereka akan menggratiskan semua angkutan umum untuk mengangkut warga yang bekerja atau bepergian di kota Mode Dunia tersebut. Pengumuman aturan baru itu disampaikan sejak Sabtu lalu.

Langkah itu dilakukan karena tingkat partikel pencemaran udara di Paris sudah mencapai angka 180 mikrogram dengan kategori PM10. Tingkat polusi itu jauh di atas batas aman yakni 80 mikrogram. Adapun PM10 adalah kategori pencemaran yang disebabkan emisi kendaraan, sistem pemanas ruangan, dan pabrik industri berat.

Dampak dari tingginya polusi itu adalah berubahnya kondisi cuaca harian di Prancis yang cukup mengkhawatirkan. Hal tersebut terlihat dari suhu yang makin panas pada siang hari, namun menjadi sangat dingin pada malam hari.

Namun larangan pemakaian mobil itu tidak berlaku secara keseluruhan. Pemerintah masih mengizinkan mobil dengan pelat nomor tertentu untuk berlalu lintas di dalam kota.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, pemerintah sudah sejak Jumat lalu menggratiskan layanan transportasi. Rencananya, pemerintah melakukan kajian pekan depan untuk menentukan apakah larangan itu akan diperpanjang. Soalnya, tingkat polusi di Paris saat ini sudah menyamai ibu kota Cina, Beijing, yang menjadi salah satu kota dengan tingkat polusi paling buruk sedunia. Kebijakan ini merupakan yang kedua kalinya diterapkan di Paris setelah pertama kali tahun 1997 silam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s