M16 Selidiki Ikhwanul Muslimin Karena Tindakan Terorisme


Perdana Menteri Inggris David Cameron memerintahkan investigasi segera kelompok Ikhwanul Muslimin setelah menerima informasi organisasi Islam itu berencana melakukan tindakan teror radikal di Inggris.

Pejabat di Kantor Cameron di Downing Street 10, London, membenarkan perintah itu seperti dilansir harian Times, Selasa, 1 April 2014. Cameron memerintahkan agen intelijennya mengumpulkan informasi tentang filosopi dan aktivitas Ikhwanul Muslimim dan potensi kelompok itu mengancam Inggris.

Reaksi pemerintah Inggris ini untuk menanggapi laporan tentang pertemuan sejumlah pemimpin Ikhwanul di London tahun lalu untuk menanggapi krisis di Mesir, yang dipicu saat pemimpin mereka, Mohamad Mursi, dilengserkan dari jabatannya sebagai presiden. Pemerintahan baru Mesir menuding Ikhwanul Muslimin biang kerok berbagai aksi kekerasan di negara itu.

Juru bicara Downing Street menambahkan, Cameron telah membentuk tim di internal pemerintahannya untuk merevisi kebijakan pemerintah Inggris terhadap organisasi ini berdasarkan filosopi dan kegiatan Ikhwanul Muslimin. Revisi ini diketuai oleh Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi, John Jenkins.

Surat kabar Times memberitakan, Cameron memberikan perintah segera untuk investigasi disela ketakutan Ikhwanul Muslim merancang tindakan ekstremis dari Inggris.

Revisi mengikutsertakan MI6, badan intelijen luar negeri Inggris. Sedangkan MI5, badan intelijen dalam negeri Inggris, akan diminta untuk menginvestigasi jumlah pemimpin senior Ikhwanul Muslimin yang tinggal di Inggris setelah kudeta militer di Mesir tahun lalu yang berujung pada jatuhnya pemerintahan Mursi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s