Kirghizstan Akui Keinginan Rakyat Krimea Dalam Referendum … Indonesia Menolak


Kementerian Luar Negeri Kirghizstan pada Kamis mengumumkan bahwa mereka mengakui hasil referendum Minggu di Krimea. Referendum itu memutuskan Krimea untuk memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung dengan Rusia. “Hasil referendum di Krimea mencerminkan pandangan mayoritas mutlak di daerah itu, dan ini adalah kenyataan,” kata kementerian itu dalam pernyataan seperti dikutip RIA Novosti.

Krimea, bersama dengan beberapa daerah lain di tenggara negara, menolak untuk mengakui legitimasi pemerintahan baru Ukraina. Referendum yang diadakan pada hari Minggu menunjukkan mayoritas pemilih mendukung reunifikasi dengan Rusia setelah 60 tahun sebagai bagian dari Ukraina.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin menanggapi sekaligus menghargai pernyataan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa mengenai penolakan Indonesia atas referendum yang terjadi di Krimea. “Sebagai duta besar Rusia untuk Indonesia, saya sangat menghargai pernyataan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa,” ujar Galuzin dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Galuzin, pernyataan tersebut tidak bertentangan dengan apa yang terjadi, namun yang diutamakan adalah keutuhan di Krimea dan Ukraina. Pemerintah Indonesia tidak setuju dengan pemerintahan yang tidak sah di Ukraina. Selain itu, Galuzin juga menegaskan bahwa kebijakan Anti Rusia dan ekstrimisme akan menyebabkan perpecahan di Ukraina.

Menanggapi hal itu, pihak kedutaan besar Rusia akan memberikan penjelasan menyeluruh tentang apa yang terjadi di Krimea kepada pihak Kementerian Luar Negeri RI. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan pemerintah Indonesia tidak mengakui referendum pemisahan diri Krimea dari Ukraina.

Pemerintah menilai referendum tersebut tak memiliki dasar hukum sehingga penduduk Krimea dapat bergabung dengan Federasi Rusia, kata Marty di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/3).

Sikap pemerintah ini telah secara resmi diinstruksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rapat kabinet terbatas. Posisi Indonesia secara prinsipil mengedepankan kedaulatan negara yang menjunjung tinggi integritas suatu wilayah negara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s