Rusia Akan Hentikan Gunakan Dollar Amerika Bila Dikenakan Sanksi Ekonomi Oleh Amerika


Rusia mengancam akan mengurangi ketergantungan ekonominya kepada Amerika Serikat sampai tingkat nol jika Washington setuju menerapkan sanksi kepada Moskow berkaitan dengan Ukraina, kata penasehat ekonomi Kremlin Sergei Glazyev. Glazyev memperingkatkan bahwa sistem keuangan Amerika bakal terancam ambruk (crash) jika sanksi terjadi.

“Kami akan mencari cara untuk tidak hanya mengurangi ketergantungan kami kepada Amerika Serikat sampai (tingkat) nol namun juga bangkit dari sanksi itu dengan memanfaatkan sebesar-besanya bagi keuntungan kami sendiri,” kata Sergei Glazyev. Glazyev juga mengancam bahwa Rusia bisa menghentikan penggunaan dolar AS dalam transaksi internasionalnya.

“Sebuah upaya untuk memaklumatkan sanksi akan berakhir pada ambruknya sistem keuangan Amerika Serikat yang bisa menyebabkan berakhirnya dominasi Amerika Serikat dalam sistem keuangan global,” tambah dia seperti dikutip AFP. Gedung Putih pada Selasa mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan menyediakan satu miliar dolar AS jaminan pinjaman untuk membantu melindungi Ukraina yang rentan dari dampak pengurangan subsidi energi.

Pemerintah Ukraina yang baru telah diwarisi perekonomian dengan potensi besar tetapi saat ini rapuh secara finansial dan tidak kompetitif, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan. Karena pemerintah menerapkan reformasi penting, Amerika Serikat akan bekerjasama dengan mitra bilateral dan multilateral untuk memastikan bahwa Ukraina memiliki pendanaan yang cukup guna memulihkan stabilitas keuangan dan kembali ke pertumbuhan, katanya.

Selain bantuan keuangan, pemerintah AS juga akan memberikan keahlian teknis untuk membantu bank sentral Ukraina, National Bank of Ukraine, dan Departemen Keuangan untuk menjawab tantangan mereka yang paling mendesak, mengirimkan penasehat teknis untuk membantu mengelola tekanan pasar dan memberikan keahlian untuk membantu menerapkan reformasi sektor energi yang kritis.

Gedung Putih mengatakan Dana Moneter Internasional (IMF) akan berada di garis depan dari paket internasional untuk Ukraina guna mendukung reformasi yang kuat dan berorientasi pasar yang diperlukan untuk mengembalikan Ukraina ke ekonomi yang sehat, dan Amerika Serikat sedang bekerja bersama mitra internasional dan pemerintah Ukraina untuk menyusun paket bantuan untuk melengkapi dan mendukung program IMF.

“Kami bekerjasama dengan Kongres untuk menyetujui undang-undang kuota IMF 2010, yang akan mendukung kapasitas IMF untuk meminjamkan sumber daya tambahan kepada Ukraina,” menurut pernyataan itu, demikian Xinhua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s