Gempa Bumi Akibatkan Banjir di Christchurch Selandia Baru


Banjir yang melanda kota Christchurch, salah satu kota terbesar di South Island, Selandia Baru, semakin parah tiap tahunnya. Diduga kuat banjir terjadi karena pengaruh dari gempa bumi yang menggoyang wilayah ini yang dimulai pada September 2010 lalu.

Dilaporkan Xinhua, banjir besar baru saja surut pada Rabu, 5 Maret 2014. Sejumlah warga tampak membersihkan rumah mereka yang kotor karena lumpur. Akibat banjir ini, ribuan rumah dan sejumlah jalan tergenang.

Sejumlah sekolah juga terpaksa diliburkan hari ini akibat badai yang berlangsung selama 24 jam itu. Memang, badai begitu kuat sehingga menjadi wajar jika menyebabkan banjir. Namun, para ilmuwan Selandia baru mengatakan, gempa bumi yang terjadi bertahun silam turut memperparah banjir.

Peneliti dari Universitas Canterbury mengatakan, kota Christchurch akan mengalami banjir lebih sering dan lebih parah akibat dampak dari gempa bumi yang dimulai pada September 2010 lalu. Gempa mengubah struktur tanah yang akhirnya memperparah banjir. “Gempa bumi mengakibatkan penurunan tanah di beberapa daerah, penyempitan saluran, dan pendangkalan sungai,” kata Su Young Ko, peneliti geografi di universitas tersebut.

Christchurch dan wilayah sekitarnya pernah diguncang gempa berkekuatan 7,1 skala Richter pada 4 September 2010. Kemudian, gempa lainnya menyusul pada 22 Februari 2011. Dengan kekuatan 6,3 skala Richter, gempa ini menewaskan setidaknya 185 orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s