Pria Australia Temukan Batu Permata Safir Sebesar Bola Golf Dipinggir Jalan


Seorang pria dari kota kecil di Queensland, Australia, sangat beruntung karena menemukan batu di pinggir jalan yang belakangan diketahui ternyata merupakan batu safir (sapphire) seberat 753 karat. Nasib baik itu dialami seorang pria di kota kecil Gemfields, yang terletak di dekat kota Emerald di Queensland, sekitar 300 kilometer dari Rockhampton.

Batu safir itu berukuran lebih besar daripada bola golf dan memiliki berat 753 karat yang kini dinamai Ratu Safir (Shappire Princess). Pat Vine dari toko permata Pat Gem’s di kota safir itu merupakan satu dari sedikit orang yang pertama kali melihat temuan batu permata berharga tersebut. Pat mengaku selama 40 tahun tinggal di kawasan yang terkenal kaya dengan batuan permata tersebut. Ia hanya pernah melihat 4-5 kali batu safir sebesar itu.

“Batu safir itu terlihat sangat indah,” katanya. “Ada sinar biru yang menembus dari batu tersebut dan bentuknya juga bagus, bulat seperti bola golf, dan kami sangat senang melihatnya,” kata Pat Vine mendeskripsikan batu safir itu.

Batu tersebut ditemukan ketika seorang pria lokal di kota itu tengah berjalan kaki dan tiba-tiba melihat batu menarik di pinggir jalan dan memungutnya. “Setelah hujan biasanya penduduk setempat pergi berjalan-jalan hanya untuk melihat ke tanah di mana air mengalir, gundukan tanah, serta bukit-bukit,” cerita Pat.

“Mereka berjalan santai di sepanjang jalan hanya untuk mendapatkan sesuatu yang menarik perhatian matanya. Kemarin memang turun hujan kedua yang sangat deras di kawasan ini dan aliran hujan itu sepertinya membersihkan kotoran dari batu permata tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Jenny Ellio dari pertambangan batu hias di Coolamon mengaku belum melihat batu Ratu Safir tersebut. Namun, dari pengalamannya selama ini, batu safir sebesar itu sulit ditangani. “Batu safir seberat 700 karat lebih … Anda tidak akan mau memotongnya dan itu tindakan yang gila,” katanya.

“Pertama-tama Anda harus memastikan apakah telah ada cacat di batu itu dan Anda harus sangat berhati-hati ketika memotong batu itu. Dalam beberapa kasus, batu yang sangat besar seperti itu harus dibiarkan kasar, sebagai spesimen. Orang banyak mencari potongan batu safir yang kasar sejak lama, beberapa safir begitu indah dalam bentuk kasar sehingga mereka tidak mau kehilangan keutuhan bentuknya, jika Anda suka, pun ketika memotongnya. Memang kalau dalam bentuk kasar, harga batu safir itu mungkin tidak akan terlalu mahal, tetapi batu itu akan memiliki kecantikannya yang alami dan itulah memang nilai yang istimewa dari batu hias safir.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s