Delegasi Korea Selatan dan Utara Bertemu Membahas Reuni


Korea Selatan dan Korea Utara telah memulai pembicaraan untuk melanjutkan pembahasan mengenai rencana penyelenggaraan reuni keluarga pada Rabu, 5 Februari 2014. Pertemuan ini dilakukan di desa perbatasan Panmunjeom.

Menurut laporan Xinhua, tiga delegasi dari kedua belah pihak memulai pembicaraan ini pada pukul 10.00 waktu setempat atau sekitar pukul 08.00 WIB di Tongilgak, sebuah gedung administrasi di desa yang merupakan perbatasan kedua negara tersebut.

Sejak Perang Korea pada tahun 1950-1953, ribuan keluarga terpaksa berpisah. Hubungan keduanya terus tegang selama berpuluh tahun lamanya. Pembicaraan ini menjadi tanda kemajuan yang signifikan. Jika terlaksana, reuni ini akan menjadi yang pertama sejak 2010.

Pada Agustus lalu, sempat dilakukan pembicaraan serupa antara Palang Merah Korut dan Korsel. Rencananya akan dilakukan reuni bagi beberapa ratus anggota keluarga Korea yang terpisah pada bulan berikutnya. Namun, pembicaraan ini dibatalkan Korut lantaran mereka merasa adanya sikap “permusuhan” dari pihak Korsel.

Banyak yang khawatir Korut juga akan membatalkan kembali reuni ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s