Kelompok Al Shabaab Dari Al Qaeda Serang Mall Westgate Di Kenya dan Tewaskan 68 Pengunjung


Sebanyak 68 orang dilaporkan tewas dan 175 korban lainnya mengalami luka-luka akibat serangan yang terjadi di mal Westgare di Kota Nairobi, Kenya. Penyerbuan mulai terjadi pada hari Sabtu, 21 September 2013.

Semula, seperti dilaporkan BBC, baku tembak diduga sebagai upaya perampokan. Akan tetapi, kemudian pihak Kepolisian Kenya mengatakan aksi penembakan ini merupakan serangan teroris. Sekelompok bersenjata, yang diduga merupakan kelompok Islam ektrimis, menembakkan senapan sehingga menyebabkan ratusan korban berjatuhan. Dalam aksinya, mereka juga menggunakan granat. Wartawan Reuters yang berada di luar lokasi mengatakan, ia mendengar suara tembakan dan beberapa ledakan.

Jumlah penyerang masih simpang siur. Kepada Reuters, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mengatakan sekitar 10-15 orang gerilyawan, yang kemungkinan besar didominasi perempuan, berhasil mengambil-alih mal dan melakukan penyanderaan ratusan pengunjung mal. Sementara itu, sebuah stasiun televisi Kenya menyebutkan angka 30 orang.

Sejumlah pengunjung mal berhasil lolos pada hari Minggu. Dari pernyataan mereka, masih banyak pengunjung lainnya terjebak dan tersembunyi di dalam bangunan. Saksi mata menuturkan, para penyerang menggunakan senapan jenis AK-47 dan mengenakan sabuk amunisi.

Tragedi berdarah mengguncang Kenya. Serangan yang mulai terjadi pada Sabtu siang waktu setempat telah menewaskan setidaknya 68 orang. Kelompok militan Al Shabaab mengklaim mereka lah yang berada di balik penyerangan ini.

Dikutip dari laman Reuters, Al Shabaab menuntut Kenya untuk menarik pasukannya dari Somalia. Menurut Al Shabaaab, pasukan Kenya telah melakukan serangan kepada warga muslim tak bersalah di Somalia.

Sementara itu, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta berjanji untuk melumpuhkan para penyerang. Dalam pidato pada hari Minggu, ia berjanji untuk menghukum dalang penyerangan dengan “cepat dan menyakitkan”.

Namun, juru bicara operasi militer Al-Shabaab justru mengejek sang presiden dan menyatakan, bahwa penyerangan akan terus berlanjut di berbagai lokasi jika pasukan Kenya tak kunjung ditarik dari Somalia.

“Di mana Uhuru Kenyatta mendapatkan kekuatan untuk mengancam kami?” ujar Sheikh Abu Musab Abdiasis, juru bicara operasi militer Al-Shabaab, kepada Reuters di Somalia.

“Pasukan Kenya adalah (pasukan) terlemah di Afrika. Kami telah memerangi pasukan Kenya selama dua tahun. Jika Uhuru menginginkan perdamaian, ia harus menarik pasukannya dari Somalia,” katanya.

Bahkan, Abu Musab menantang Uhuru. Daripada Uhuru hanya mengancam dan menggertak, lebih baik ia mengambil senjatanya sendiri dan bertemu pasukan Al Shabaab di garis depan. Al Shabaab adalah kelompok militan di Somalia, yang berafiliasi dengan Al-Qaeda.

Pemerintah Kenya menyatakan, mal yang mulai diserang pada Sabtu, 21 September 2013 siang, kini telah berada di bawah kontrol pasukan kemanan Kenya. Seorang juru bicara militer mengatakan, sebagian besar sandera telah berhasil keluar dari mal dan selamat. Namun demikian, kelompok penyandera masih terlihat memegang sandera di dalam mal.

“Sebagian besar sandera telah dibebaskan. Angkatan Pertahanan Kenya telah mengambil alih sebagian besar bangunan (mal),” ucap Kolonel Cyrus Oguna kepada stasuin televisi lokal KTN, seperti dilansir laman Reuters.

Ia tidak menyebutkan, apakah para penyerang akan ditangkap atau dibunuh. Yang jelas, komandan militer berharap untuk mengakhiri operasi mematikan ini sesegera mungkin.

Penyerangan yang terjadi di mal Westgate di Kota Nairobi telah menewaskan 68 orang sedangkan 175 orang lainnya mengalami luka-luka. Penembakan mulai terjadi di hari Sabtu. Pengunjung mal berlarian keluar sementara lainnya bersembunyi dan terjebak di dalam mal. Pihak keamanan mulai masuk ke dalam mal pada hari Minggu pagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s