India Kembali Lakukan Uji Coba Rudal Balistik Berhulu Ledak Nuklir


Militer India kembali melakukan uji coba rudal balistik yang dapat membawa hululedak nuklir dari sebuah kapal di Teluk Benggala.

Seorang pejabat pertahanan setempat mengatakan, rudal Dhanush yang memiliki jarak jelajah 350 kilometer, adalah sebuah rudal permukaan versi Angkatan Laut, dan dapat membawa baik hulu ledak nuklir maupun konvensional.

“Misil itu sukses ditembakan dari sebuah kapal di Teluk Benggala,” kata SP Das, Direktur Uji Coba Jarak Terintegrasi, sebuah unit di Organisasi Penelitian dan Perkembangan Pertahanan India, Senin.

“Uji coba memenuhi semua parameter ketentuan,” katanya.

Uji coba rudal Dhanush terakhir dilakukan pada 2007. Bulan lalu, India melakukan uji coba rudal pada malam hari untuk pertama kali dengan jarak jelajah menengah, namun uji coba itu gagal. India telah menguji coba dengan berhasil rudal berkemampuan-nuklir di lepas pantai timurnya Selasa (19/5), sebagai bagian dari upaya negara itu membangun penangkis nuklir minimal yang dapat dipercaya. Rudal permukaan-ke-permukaan jarak sedang Agni-II itu, yang dapat menghantam sasaran sejauh 2.500 kilometer, ditembakkan dari sebuah peluncur yang bergerak di pulau Wheeler di lepas pantai negara bagian Orissa.

Tidak ada komentar yang disampaikan oleh kementerian pertahanan India.
Rudal sepanjang 20 meter yang dikembangkan India itu berbobot 16 ton dan mampu membawa satu ton hulu ledak konvensional atau nuklir.

Itu adalah uji coba ketiga yang berhasil dari Agni-II, lapor kantor berita PTI, yang mengatakan rudal itu sekarang siap diproduksi. India telah memiliki rudal Agni-II berjarak tembak 3.000 kilometer yang terjauh dalam rangkaian Agni yang dapat membawa muatan konvensional ataupun nuklir.

Rudal itu merupakan salah satu rangkaian yang dikembangkan oleh Organisasi Pengembangan Riset Pertahanan sebagai bagian dari strategi penangkisan terhadap tetangganya China dan Pakistan yang juga memiliki senjata nuklir.
Rudal Agni-I memiliki jarak serangan 1.500 kilometer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s