FASOTEC Perusahaan Jepang Yang Menjual Janin Manusia Sebagai Souvenir Gantungan Kunci


Calon ayah ibu yang sedang menanti kelahiran bayinya kini dapat membeli model tiga dimensi dari fetus dalam rahim untuk dipamerkan pada keluarga dan teman-teman.

Investor Jepang telah menemukan cara untuk mengubah gambar pindaian ultrasound menjadi replika resin yang dapat menjadi kenang-kenangan bagi para orang tua.

Model resin fetus berwarna putih sebesar 9 cm terbungkus dalam blok transparan yang berbentuk seperti tubuh ibu itu dibuat dari scan MRI yang dicetak di printer 3D.

FASOTEC, perusahaan yang menawarkan model “Shape of an Angel” bahkan menyediakin versi mini dari model janin yang bisa dibuat menjadi gantungan handphone atau gantungan kunci.

Tomohiro Kinoshita dari FASOTEC, mengatakan, “Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup saat Anda mengandung, kami menerima permintaan model untuk perempuan hamil yang tidak ingin melupakan perasaan dan pengalaman saat mengandung.”

“Shape of an Angel” dipatok seharga 100.000 yen dan perusahaan tersebut mengatakan waktu ideal untuk memindai kandungan adalah sekitar bulan delapan atau sembilan kehamilan.

Untuk mereka yang ingin versi model janin yang lebih murah, perusahaan juga menawarkan model 3D fetus seharga 50.000 yen pada Desember.

Model tersebut akan dibuat dari gambar ultrasound yang diambil di klinik kesehatan Tokyo yang sudah bekerjasama dengan perusahaan tersebut.

FASOTEC awalnya merupakan pemasok berbagai perangkat termasuk printer 3D yang menggunakan teknik layer untuk membuat struktur tiga dimensi.

Perusahaan itu juga membuat model 3D dari organ dalam tubuh yang dapat digunakan dokter untuk mempersiapkan operasi atau untuk mahasiswa kedokteran yang sedang belajar, kata juru bicara.

Model tersebut juga dapat dibuat dengan tekstur keras maupun lembut.

“Dengan membuat model yang mirip seperti organ asli atau tulang, orang dapat membuat simulasi operasi dan berlatih dengan teknik operasi yang sulit.”

Kinoshita mengatakan bahwa perusahaan tersebut berharap agar model 3D bayi yang belum lahir itu dapat membuat orang lebih sadar terhadap teknologi yang berkembang.

Namun, ada juga keuntungan di bidang medis.

Sebagian dokter dapat memprediksi apabila ada kemungkinan kendala persalinan dengan melihat dari model tersebut.

Printer tiga dimensi telah hadir di dunia sejak beberapa dekade lalu, namun keunggulan teknologi membuatnya dapat dimanfaatkan di beberapa sektor kehidupan saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s